9 Tips Memilih Nama Bayi Laki-Laki

Gaya Hidup | katadata.co.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 01:51
9 Tips Memilih Nama Bayi Laki-Laki

Menemukan dan memilih nama bayi laki-laki memang bukan perkara gampang. Sebab, semua orang tua pasti ingin menyematkan sebuah nama terbaik bagi anaknya. Terutama, kalau si buah hati adalah anak laki-laki pertamayang sangat dinantikan di tengah keluarga kecil pasangan yang baru menikah.

Belakangan ini tren memilih nama bayi yang unik dan berbeda tengah naik daun lagi. Sejumlah orang tua berlomba-lomba mencari kosakata unik, guna diberikan pada bayi mereka. Hal ini memang tidak salah. Tetapi, sebaiknya dipikirkan kembali secara matang sebelum melakukannya. Mengingat, sebuah nama bakalmenjadi identitas seumur hidupsang buah hati. Kalau nama tersebut terdengar aneh, tentu di masa depan kelak sang anak akan merasa kurang percaya diri.

Memberikan nama bayi laki-laki, pastinya berbeda dengan memberikan nama pada bayi perempuan. Ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan. Umumnya, orang tua cenderung memilih nama yang bisa menggambarkan kalau si kecil itu kuat, gagah, berani, dan juga tampan.

Untuk mencari sebuah nama bayi laki-laki, Anda mendapat inspirasinyadari berbagai sumber, termasuk dari buku. Namun demikian, Anda perlu memikirkan beberapa hal sebelum menentukan nama bayi laki-laki yang akan Anda pilih.Dilansir dari Love to Know , The Tot, dan Alodokter , berikut tips untuk memilih nama bayi laki-laki.

Tips Memilih Nama Bayi Laki-Laki

bayi laki-laki (apahabar.com)

1. Melihat Silsilah Keluarga

Apabila merasa bingung mencari nama untuk anak, cobalah melihat daftar silsilah keluarga Anda. Biasanya inspirasi tersebut akan datang saat Anda melakukannya.

Nama keluarga bisa menjadi pilihan alternatif guna mencari ide nama bayi laki-laki. Jika di dalam silsilah keluarga ada kerabat yang memiliki nama unik dan terdengar menarik, namun arti serta maknanya sangat bagus, Anda dapat meminta izin untuk menggunakannama tersebut.

Contohnya, anggap saja salah satu saudara Anda bernama Billal Hafizh Athaillah yang berarti sebuah rahmat Allah SWT yang bertanggungjawab . Anda bisa memakainya atau menggunakan salah satu nama tersebut untuk membuat rangkaian nama bagi anak laki-laki Anda kelak.

Selain itu,beberapa suku di Indonesia seperti Batak dan lainnya juga memiliki sebuah marga untuk diberikan pada anggota keluarganya. Umumnya, nama bayi laki-laki pun akan dipadukan dengan marga tersebut sebagai salah satu identitas yang tidak boleh hilang.

2. Melihat Latar Belakang Budaya dan Agama

Budaya dan agama bisa memengaruhi sebuah nama bayi laki-laki. Bila seorang anak dilahirkan dari suku Jawa dengan menganut agama Islam, biasanya akan diberikan nama yang terdiri dari rangkaian kata bercorak Jawa dan Islam.

Langkah di atas bisa Anda praktekan saat kebingungan mencari nama bayi laki-laki. Jika Anda beragama Islam, cobalah untuk mencari untaian kata dalam Bahasa Arab yang memiliki arti dan makna mendalam. Sesuai pepatah lama yang berbunyi nama adalah doa, Anda dapat memberikan nama pada anak laki-laki dengan menyisipkan doa serta harapan di dalamnya.

3. Mencari Arti dan Makna

Sebelum memberikan nama bayi laki-laki, Anda perlu memperhatikan kembali arti dan makna dari nama yang sudah dipilih. Pastikan rangkaian nama tersebut mengandung arti serta makna yang bagus untuk si buah hati.

Hal ini menjadi penting karena bisa mempengaruhi perkembangan si anak kedepannya. Kalau nama yang disematkan padanya bermakna bagus, rasa percaya diri dia akan meningkat. Khususnya saat ia mulai dihadapkan lingkungan baru dan harus mencari teman sebayanya.

Kalau Anda sudah punya inspirasi nama bayi laki-laki, jangan lupa untuk mengecek arti dan makna yang terkandung di dalamnya.

4. Padukan dengan Beragam Kosa Kata

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, sangat membantu kehidupan manusia. Tidak terkecuali untuk mencari inspirasi nama bayi laki-laki. Selain membaca buku, Anda bisa melihat-lihat beberapa rekomendasi nama bayi laki-laki di internet. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung lagi mencari nama yang pas untuk si buah hati.

Banyaknya kosa kata baru dari berbagai macam bahasa yang sudah pelajari, dapat membantu Anda menentukan nama bayi laki-laki. Contohnya, Anda bisa memadukan beberapa kata dari Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Nantinya, sebuah nama bayi laki-laki islami tetapi terdengar modern, akan menjadi nama yang bagus bagi anak Anda.

5. Nama Mudah dan Tidak Terlalu Panjang

Hal ini mungkin sering terlewat atau lupa dipertimbangkan. Padahal efeknya bisa sangat besar. Memilih nama bayi laki-laki sebaiknya menggunakan untaian nama yang mudah dieja dan tidak terlalu panjang.

Hal tersebut bakal sangat membantu, saat anak Anda beranjak remaja. Nama yang gampang dieja dan tidak terlalu panjang, akan lebih mudah diingat oleh orang lain. Dengan begitu, saat si kecil tumbuh menjadi anak remaja, Anda tak perlu khawatir karena nama dia bisa menolongnya untuk mencari seorang teman.

6. Nama Bayi Laki-Laki yang Memiliki Panggilan dan Inisial Bagus

Anda harus membuat inisial nama bayi laki-laki yang bagus, supaya saat si anak sudah besar, namanya tidak akan menjadi bahan ejekan teman-temannya. Untuk itu usahakan memilih nama dengan panggilan sekaligus inisial menarik.

7. Buat Daftar Nama Bayi Laki-Laki

Saat bayi laki-laki terlahir, biasanya kedua orangtuanya sudah menentukan sebuah nama. Tetapi, ada juga yang justru belum sama sekali terpikirkan sebuah nama dengan makna yang bagus.

Saat masih di dalam kandungan, sebaiknya Anda serta pasangan meluangkan sedikit waktu dan membuat daftar nama bayi laki-laki yang cocok. Sehingga, saat si buah hati lahir, nama tersebut bisa langsung diberikan.

8. Diskusikan Nama Bayi Laki-Laki dengan Pasangan

Jangan anggap sepele poin yang satu ini. Meski terkesan sepele, tidak melibatkan pasangan dalam mencari nama bayi laki-laki, akan memicu perdebatan kecil. Oleh karena itu, Anda mesti mengajak pasangan berdiskusi sebelum memberikan sebuah nama pada si kecil.

Selain berdiskusi dengan pasangan, Anda juga bisa meminta saran nama bayi laki-laki pada orang tua atau pemuka agama di sekitar tempat tinggal. Langkah ini akan sangat membantu Anda memilih nama yang sesuai harapan Anda serta pasangan.

9. Pilih Nama Bayi Laki-Laki Sesuai Keinginan

Jika semua tips di atas sudah Anda lakukan, langkah terakhir yang harus diterapkan adalah menyortir dan memilih nama bayi laki-laki sesuai harapan Anda. Nama tersebut bakal menjadi identitas anak kebanggaan Anda di masa mendatang.

Demikian 9 tips memilih nama bayi laki-laki yang bisa Anda coba. Sebagai orang tua, pastinya Anda ingin memberikan si kecil nama bagus dan bermakna mendalam. Oleh sebab itu, sebelum menentukannya alangkah baiknya Anda berdiskusilah dengan pasangan terkait nama bayi laki-laki yang sesuai harapan.



Artikel Asli