Loading...
Loading…
Awas! Kadar Gula Darah Bakal Melonjak Setelah Makan, Begini 4 Cara Menurunkannya

Awas! Kadar Gula Darah Bakal Melonjak Setelah Makan, Begini 4 Cara Menurunkannya

Gaya Hidup | herstory | Kamis, 18 November 2021 - 08:47

Beauty, kadar gula darah dapat berubah sepanjang hari, tetapi menjaganya agar tetap normal merupakan kunci pentingnya. Masing-masing orang juga memilikikadar guladarah yang berbeda.

Berdasarkan National Institute for Clinical Excellence (NICE), kadar gula sebelum makan harus 4,0 hingga 5,9 mmol/L. Tetapi kisaran ini berbeda pada penderita diabates, yang bisa mencapai 4 hingga 7 mmol/L.

Nah, bagi orang tanpa menderita diabetes , kadar gula setelah makan harus di bawah 7,8 mmol/L, sementara penderita diabetes tipe 2 harus di bawah 8,5 mmol/L dan untuk penderita diabetes tipe 1 harus 5 sampai 9 mmol/L.

Tetapi jika kamu bukan penderita diabetes dan kadarnya gula darah berada dalam kisaran tinggi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkannya.

Berikut beberapa hal yang dapat menurunkan kadar gula darah , dilansir The Sun .

1. Jus buah delima

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum jus delima dapat menurunkan kadar gula darah dalam 15 menit. Peserta studi ini adalah orang sehat bukan penderita diabetes .

2. Berjalan-jalan

Terapis nutrisi di Opttibac Probiotics, Kerry Beeson, mengatakan cara sederhana dan gratis untuk menurunkan kadar gula darah adalah dengan berjalan-jalan.

"Menggerakkan otot dapat merangsang penyerapan glukosa dari aliran darah. Pada akhirnya akan menurunkan kadarnya. Cobalah berjalan kaki seusai makan untuk mencegah lonjakan gula darah yang sering dialami setelah makan," tutur Beeson.

3. Yoga

Bagi orang yang gak suka berjalan-jalan, dapat melakukan kegiatan lain yang juga dapat menghilangkan stres. Misalnya, yoga. Menurutnya, yoga terbukti bisa menurunkan kadar gula darah.

"Ada hubungan yang rumit antara stres dan gula darah. Tetapi berlatih meditasi dan memerhatikan menu makan telah terbukti dapat menjaga keseimbangan gula darah dalam beberapa penelitian," sambung Beeson.

4. Batasi asupan gula

Banyak makanan yang sebenarnya tinggi gula tanpa kita sadari. Ahli gizi Dr Carrie Ruxton mengatakan bahwa kita dapat mengelola gula darah dengan membatasi karbohidrat cepat serap seperti minuman manis, nasi putih, gula buatan, dan roti putih.

Alih-alih makan makanan tersebut, konsumsi lebih banyak protein atau makanan kaya serat untuk memperlambat laju penyerapan karbohidrat dalam tubuh.

Semoga informasinya bermanfaat!

Original Source

Topik Menarik