Founder Cybelle, Bawa Manfaat Jamur Reishi ke Skincare Lokal

Gaya Hidup | femaledaily.com | Published at Minggu, 14 November 2021 - 18:36
Founder Cybelle, Bawa Manfaat Jamur Reishi ke Skincare Lokal

Berawal dari mencari solusi untuk merawat kulitnya sendiri, founder skincare brand Cybelle jadi bisa menghasilkan skincare line dengan kandungan superfood!

Kalau mendengar nama Jamur Reishi, yang terlintas pasti skincare luxury dengan harga jutaan bukan? Buat yang selama ini penasaran dengan manfaat dari Jamur Reishi, kamu kini bisa mencobanya dalam produk skincare lokal lho. Kok bisa? Simak obrolan saya dengan founder Cybelle untuk cerita lengkapnya ya!

Bagaimana awal mula Cybelle dibuat? Whats the story behind the name?

"Hai perkenalkan, aku Aliet Seignoritha seorang dokter gigi dan founder dari Cybelle.

Tumbuh dan besar dalam keluarga yang mencintai tradisi Indonesia, (almarhum) ibu membiasakanku untuk selalu bersyukur dengan apa yang diberikan Allah, salah satunya dengan merawat diri secara alami, seperti minum jamu-jamuan, menggunakan masker organik atau menggunakan produk berbahan dasar natural yang ada di pasaran. Tidak heran di usia beliau saat itu, kulit dan tubuhnya sangat cantik, tanpa perlu perawatan ekstra di klinik-klinik kecantikan.

Beliau berpesan, seperti halnya tubuh kita, kulit kita juga harus dijaga dan diberi asupan yang baik, sehat, bernutrisi, dan natural yang aman (tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya baik alami atau buatan; karena bahan alami pun memiliki kandungan kimia, yang jika kita salah penggunaanya malah berisiko).

Akhirnya aku berpikir, alam memberikan berjuta manfaat untuk kita, kenapa tidak dimanfaatkan sebaik mungkin. Bukankah antara alam dan ilmu pengetahuan bisa berjalan secara harmonis?

Saat memasuki bangku kuliah, sebagai seorang perempuan aku semakin peduli untuk merawat diri. Berbagai produk dan merk skincare, baik drugstore hingga high end telah aku coba. Sembari mencoba produknya aku juga mencari tahu dan mempelajari sedikit demi sedikit isi dari kandungan serta fungsinya, namun dari sekian banyak yang telah aku coba, hanya beerapa yang cocok untuk kulitku yang sensitif juga kering ini.

Tahun 2010 saat aku coass (pendidikan dokter muda sebelum menjadi seorang dokter), rasa penasaranku tentang skincare muncul. Kenapa aku tidak membuat skincare sendiri sesuai dengan kebutuhan kulitku? Akhirnya aku mulai mencoba membuat skincare untuk pribadi, mencari tahu dari berbagai sumber, mempelajari banyak hal mengenai kandungan, dan bagaimana cara membuatnya. Tanpa disangka hasilnya sangat baik. Kulitku jadi lembap, kenyal, cerah, dan juga sehat. Bahkan di usiaku yang menginjak 33 tahun saat ini, sangat jarang melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan.

Pertengahan pandemi tahun 2020 lalu, aku yang berprofesi sebagai dokter gigi, diwajibkan untuk selalu menggunakan masker berlapis saat merawat pasien (N95 dan juga masker bedah) lebih dari 8 jam, hal ini memicu timbulnya jerawat di area masker dan sangat menyakitkan jika tersentuh masker. Padahal kulitku bukan tipe yang mudah berjerawat. Akibat kondisi ini akhirnya muncul ide untuk membuat serum acne sendiri.

Saat membuat formula serum ini, aku menggunakan bahan natural, Neem sebagai salah satu bahan utamanya. Sayangnya, ekstrak Neem dengan cosmetic grade sangat sulit dicari, ditambah kondisi awal pandemic. Kebanyakan Neem yang ada di pasaran berupa oil. Tidak putus asa, akhirnya aku mengekstraksi sendiri Neem tadi menjadi ekstrak yang kemudian aku gunakan ke dalam serum acne pertamaku.

Tanpa disangka, hasil dari serum acne ini, memberi efek positif. Dalam waktu 3 hari penggunaan, jerawatku berangsur sembuh dan dalam waktu 7 hari hilang. Teman-temanku yang mengetahui perubahan signifikan ini akhirnya memintaku untuk membuatkan serum acne, tadi, dengan formula yang telah aku upgrade.

Hasilnya alhamdulillah sangat baik, bahkan di beberapa orang yang telah pasrah dengan jerawat yang tak kunjung membaik pun ikut mencoba dan merasakan hasil yang signifikan. Alhamdulilah.

Serumku akhirnya dikenal dan dipercaya dari mulut ke mulut, produknya pun menjadi lebih bervariatif. Pesanan datang begitu ramai, hingga aku sendiri kewalahan. Berbagai trial and erorr pun aku lalui, hingga mendapatkan hasil yang baik dan langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh penggunanya. Termasuk aku sendiri,

Skincare-ku diberi nama Purebelle yang bermakna cantik natural (mencintai diri sendiri dan merawat kulit dengan nutrisi terbaik agar terpancar cantik alami mu).

Akhirnya dengan dorongan dan dukungan orang terdekat, aku mendaftarkan produk-produk Purebelle ke BPOM di awal tahun 2021 untuk mengikuti regulasi pemerintah agar lebih aman, legal, dan nyaman. Nama Purebelle saat didaftarkan akhirnya berubah menjadi Cybelle agar lebih mudah diingat dan diterima.

Cybelle sendiri diambil dari nama dewi. Simbol dari kesehatan, kesuburan, dan alam. Dengan bahan-bahan natural derived dan telah teruji secara klinis, aku berharap dapat menjadi salah satu produk kesayangan yang dapat diterima serta bisa mengedukasi masyarakat. Tujuan dari skincare adalah untuk mendapatkan kulit yang sehat bukan sempurna.

Seluruh produk Cybelle saat ini dan yang sedang dalam proses selanjutnya menggunakan formulaku sendiri dibantu tim R&D yang berdiskusi dan menyempurnakan produk-produk Cybelle. Alhamdulilah produk-produk Cybelle semua telah lulus uji BPOM."

Mengapa memilih superfoods dan superfruits sebagai kandungan utama?

What we eat has direct effects on our health and skin.

"Pernah tidak membayangkan betapa segar dan sehatnya tubuh kita saat mengonsumsi superfoods dan superfruits? Dengan kandungan antioksidan, asam amino, kolagen, anti-inflamasi, serta berbagai nutrisi baik dan vitamin lain didalamnya, sangat baik bagi tubuh dan juga kulit kita. Apa lagi jika sering dipicu oleh kondisi stress di lingkungan. Jika diformulasikan dengan baik dan tepat, bahan-bahan superfoods ini akan menghasilkan produk yang tidak kalah baiknya, diantaranya dapat mencerahkan, melembapkan, anti aging dan sebagainya. Bahkan bisa menjadi solusi jika seseorang tidak dapat menggunakan produk berbahan sintetis."

Apakah founder punya cerita spesial tentang pengalaman pakai skincare dengan jamur reishi sehingga memilihnya untuk hadir di rangkaian Cybelle?

"Berawal dari permasalahan pribadiku dengan kulit yang sensitif dan juga kering bahkan hingga dermatitis (eczema), aku selalu memilih bahan yang dapat membantu mengurangi inflamasi di kulit dalam produk skincare-ku.

Saat sedang makan di sebuah resto dan mengambil jamur, terlintas di pikiranku, jamur memiliki banyak sekali manfaat. Aku pernah baca sebuah artikel yang memaparkan, selama berabad lamanya Jamur Reishi atau yang dikenal dengan Ling zhi, digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional di Cina. Reishi sendiri dikenal sebagai anti-inflamasi. Menurutku, inflamasi merupakan salah satu penyebab utama munculnya masalah di kulit kita, karena inflamasi dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi (kering, kemerahan, bersisik, perih hingga nyeri).

Jamur Reishi memiliki kemampuan untuk mencegah inflamasi, yaitu dengan cara mencegah air menguap dari tubuh, sehingga kulit akan mendapatkan hidrasi yang sangat baik. selain itu memiliki kemampuan sebagai antioksidan, anti-aging, dan berbagai vitamin baik di dalamnya, selain itu memiliki kemampuan untuk mengurangi stress di kulit.

Saat aku membuat formula ini dan mencobanya sendiri, hasilnya begitu menyenangkan. Kulit menjadi sehat, kenyal, lembap yang bertahan lama, tidak lengket, dan juga cerah. Menarik bukan?"

What does your ideal skincare routine look like?

"To get the most benefit out of skincare routine, I always follow these simple steps : cleanse, tone, treat, moisturize and sunscreen.

Youre probably already familiar with cleansing, toning and moisturize, but what about treating our skin? It means adding an important middle step between cleansing and moisturizing, by using serums packed full of skincare active ingredients. It can make a huge difference in results and our skins overall health.

Dont forget that our skincare routine should vary from morning to night.

After we wake up, focus on protecting our skin from sun and pollution.

In the evening, dont forget to double cleanse and switch to products with skin regenerating ingredients. Use the actives not the protectors."

Kalau mau mulai coba Cybelle, bisa mulai dari mana?

"Menurutku faktor penting dari kulit yang sehat adalah hidrasi yang baik. Hidrasi sangat penting untuk mencegah inflamasi yang menyebabkan iritasi pada kulit. Maka dari itu semua produk Cybelle diformulasikan memiliki kemampuan menghidrasi yang sangat baik. Tidak hanya baik untuk kulit normal , kulit kering, dan sensitif, tetapi juga oily prone.

Namun jika ingin mencoba sensasi segar dan nyamannya kulit, serta mempersiapkan kulitmu dan skincare-mu dapat diserap dengan optimal, kamu bisa coba Combo Reishi & Shiitake Mushroom Toning Lotion. Hydrating toner ini bakal membuat kulitmu berterima kasih padamu."

Artikel Asli