Kenali Sindrom Highway Hypnosis yang Kerap Menyerang Pengemudi

Gaya Hidup | mommiesdaily.com | Published at Minggu, 14 November 2021 - 17:00
Kenali Sindrom Highway Hypnosis yang Kerap Menyerang Pengemudi

Sindrom highway hypnosis paling banyak menyerang pengemudi. Dampak terburuknya bisa menyebabkan kecelakaan dan mengancam nyawa. Ketahui tentang sindrom ini.

Apakah Mommies pernah melakukan perjalanan jauh tetapi tidak ingat detail selama perjalanan? Atau merasa zone-out dan tiba-tiba sudah sampai di tempat tujuan? Fenomena ini dikenal dengan nama sindrom highway hypnosis dan biasa menyerang pengemudi.

Highway hypnosis umumnya terjadi ketika perhatian kita diisi oleh hal lain dibanding proses menyetir itu sendiri. Bisa berupa pekerjaan di kantor, tentang keluarga, atau hal lain yang mengganggu fokus mengemudi.

Tanda-tanda mengalami sindrom highway hypnosis

Kemungkinan Mommies tidak menyadari ketika sedang mengalami sindrom ini. Namun, beberapa tanda berbahaya yang bisa kita waspadai, meliputi:

Jika Mommies kelewatan pintu keluar tol atau tidak mengingat apa yang terjadi beberapa detik terakhir, kemungkinan besar Mommies mengalami sindrom highway hypnosis. Orang lain yang sedang bersama-sama di dalam mobil mungkin bisa melihat ekspresi Mommies berubah menjadi blank atau tatapan kosong ketika mengalami sindrom ini.

Penyebab

Meskipun sindrom highway hypnosis kerap terjadi pada pengemudi yang kelelahan, tetapi itu bukan satu-satunya penyebab. Berikut faktor lainnya.

Jalanan yang monoton

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa jalanan yang monoton memainkan peran penting dalam sindrom ini. Sebuah studi pada 2003 menggunakan simulator mengemudi untuk mengetahui dampak jalanan yang monoton pada 56 pengemudi pria. Mereka diminta untuk melakukan simulasi menyetir di dua jalanan berbeda, masing-masing 40 menit.

Kedua jalanan tersebut sama-sama mulus, tetapi yang pertama memiliki pemandangan biasa seperti pohon pinus di kanan dan kirinya. Sementara itu, jalan yang kedua memiliki beberapa elemen pemandangan: ada pohon, sawah, rambu-rambu lalu lintas dan manusia. Jembatan dan jalan layang juga harus dilewati di jalanan kedua ini.

Hasilnya mengungkapkan bahwa para pengemudi cenderung lebih mudah kelelahan ketika melewati jalanan yang monoton. Fakta lainnya, mereka bahkan bisa merasakan kelelahan hanya 20 menit menyetir. Studi ini menunjukkan bahwa sindrom highway hypnosis lebihmungkin terjadi karena jalanan yang monoton dibanding lama waktu mengemudi.

Otak tidak fokus

Menurut penelitian pada 2004, sistem okulomotor atau yang mengontrol gerakan mata, juga berperan dalam kasus highway hypnosis. Ketika mengemudi di sepanjang jalan yang sudah kita hapal dan monoton, ketergantungan otak pada umpan balik retina mata mulai berkurang. Dengan kata lain, otak beralih ke mode kurang waspada dan tidak memperhatikan rangsangan visual.

sindrom highway hynopsis

Mengantuk

Risiko mengalami sindom highway hypnosis meningkat ketika kita lelah. Jalanan yang monoton bisa mengurangi kewaspadaan otak, begitu juga dengan rasa lelah. Dalam kedua kasus tersebut, otak memproses suatu hal lebih lambat dari biasanya sehingga mengandalkan feeling dan akhirnya menjadi autopilot. Jika tidak segera ditangani, kelelahan ini akan membuat kita tertidur dan bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Cara mengatasi sindrom highway hypnosis

Jika Mommies mulai merasakan tanda-tanda highway hypnosis dan mulai tidak fokus berkendara di jalan raya, sebaiknya coba tips ini untuk meningkatkan kewaspadaan:

Beristirahat

Semakin lama kita melakukan tugas monoton, maka makin cepat otak berpindah ke mode autopilot. Jika kita mengalami zone-out saat melihat dokumen, cara yang bisa dilakukan adalah membacanya kembali. Namun, ketika hal tersebut terjadi di jalanan, Mommies berpotensi mengalami kecelakaan.

Saat akan mengemudi dalam waktu yang cukup panjang, sebaiknya rencanakan waktu istirahat setiap dua jam sekali. Keluar dari mobil dan gerakan tubuh, bisa dengan berjalan kaki sejenak di sekitar tempat perisitirahatan.

Jika benar-benar merasa kelelahan, coba tidur siang sejenak untuk mengisi kembali energi.

Minum kafein

Jika merasa mengantuk selama mengemudi, kafein dapat membantu meningkatkan kewaspadaan, meskipun tidak bisa membuat terjaga dalam waktu lama. Meski begitu, pastikan apakah Mommies kuat dengan efek kafein, karena jika tidak, justru akan mengganggu perjalanan. Dan jangan sampai kafein ini mengacaukan waktu makan Mommies, ya.

Mengobrol atau bernyanyi

Mengobrol dengan orang lain dapat membuat otak terus aktif. Bisa dengan orang yang sedang bersama di dalam mobil atau berbicara kepada diri sendiri. Mommies juga bisa menyanyikan lagu favorit agar tidak bosan.

Membuat perubahan suasana

Jika tanda-tanda sindrom highway hypnosis mulai muncul, tetapi Mommies tidak bisa menepikan kendaraan, buat perubahan suasana ini untuk sementara:

Bagaimana, Mommies? Setelah melihat penjelasan di atas semoga bisa lebih berhati-hati dalam menegmudi dan mengjindari sindrom highway hynopsis, ya!

Artikel Asli