Loading...
Loading…
Malam Anugerah Piala Citra FFI 2021 Selesai, Ini Dia Daftar Para Pemenang!

Malam Anugerah Piala Citra FFI 2021 Selesai, Ini Dia Daftar Para Pemenang!

Gaya Hidup | yunoya.id | Senin, 15 November 2021 - 20:04

Setelah melakukan pembacaan nominasi untuk Piala Citra Festival Film Indonesia tahun 2021, pada bulan Oktober kemarin. Akhirnya Malam Anugerah Piala Citra FFI 2021 berhasil di gelar pada Rabu, (10/11/21) kemarin, di Jakarta Convention Center.

Bertepatan dengan Hari Pahlawan, Presiden Ir. Joko Widodo turut hadir untuk memberikan penghargaan dan gelar kepada Bapak Perfilman Indonesia, Usmar Ismail sebagai Pahlawan Nasional. Hal ini pula yang memang menjadi mimpi dari Reza Rahadian sebagai Ketua Komite FFI 2021.

Alhamdulillah, karena upaya mas Garin (Nugroho, sutradara) dan kawan-kawan, Wina Armada (Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat), mas Riri Riza (sutradara), dan saya ketika menghadap Pak Presiden dan Bapak (Menko Polhukam) Mahfud MD, kami mendorong dan mengusulkan kembali dan alhamdulillah disetujui dan hari ini kita bisa menyaksikan sendiri Presiden Joko Widodo menyematkan gelar tersebut , Ucap Reza dalam red carpet FFI 2021, Rabu lalu.

Selain penyematan gelar ini, tentunya Malam Anugerah ini sebagai ajang untuk mengumumkan sejumlah pemenang yang telah di pilih oleh para Juri FFI 2021 dan juga oleh masyarakat langsung melalui websitenya. Dan ini dia, daftar lengkap para pemenang FFI 2021.

Baca Juga :
FFI 2021, Jokowi Bangga Sineas Indonesia Menangi Festival Film Dunia

Sebagai pembuka, Film Penyalin Cahaya y ang dibintangi oleh Shenina Cinamon berhasil meraih 12 Penghargaan dari 17 Nominasi yang mereka dapat.

Untuk yang belum tahu, Film Penyalin Cahaya ini memang belum ditayangkan langsung di Indonesia. Penayangan perdana mereka dilakukan di Busan Internatioal Film Festival (BIFF) ke-26, mereka terpilih masuk dalam program kompetisi utama New Currents yang telah dilaksanakan pada 6-15 Oktober 2021 lalu.

Kategori yang dimenangkan oleh Penyalin Cahaya adalah;

Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Penata Busana Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik.

Film yang disutradarai oleh Wregas Bhanuteja ini sekaligus menjadi Film Panjang Pertama untuk debut karir nya. Wregas berharap, agar pesan dari Film Penyalin Cahaya ini bisa menggaung dan sampai pada khalayak luas.

Baca Juga :
Dian Sastro hingga Arawinda Kirana, Yuk, Intip Penampilan Para Seleb di Festival Film Indonesia 2021

Kami bersyukur atas raihan ini, tetapi lebih jauh, semoga isu kekerasan seksual, pelecehan seksual yang dibawakan Penyalin Cahaya bisa menjadi fokus kita bersama. Agar kasus tersebut dapat diperangi dan mendapat perhatian khusus, - Ujarnya

Dan selain Penyalin Cahaya, ini dia beberapa nama Pemenang Piala Citra FFI 2021:

1. Penulis Skenario Adaptasi Terbaik: Gea Rexy, Bagus Bramanti, Charles Gozali untuk film Sobat Ambyar

2. Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik: Marrisa Anita dalam film Ali&Ratu-ratu Queens

3. Pemeran Utama Perempuan Terbaik: Arawinda Kirana dalam film Yuni

4. Film Terfavorit Pilihan Penonton: Ali&Ratu-ratu Queens

5. Aktris Terfavorit Pilihan Penonton: Prilly Latunconsina

6. Aktor Terfavorit Pilihan Penonton: Angga Yunanda

6. Penata Efek Visual Terbaik: Bintang Adi Pradana dalam film Preman

8. Penata Rias Terbaik: Novie Aryanti dalam film Preman

9. Film Dokumenter Panjang Terbaik: Invisible Hopes karya Sutradara Lamtiar Simorangkir

10. Film Dokumenter Pendek Terbaik: Three Faces in the Land of Sharia karya Sutradara Davi Abdullah

11. Cerita Pendek Terbaik: Laut Memanggilku karya Sutradara Tumpal Tampubolon

12. Film Animasi Panjang Terbaik: Nussa karya Sutrada Bonny Wirasmono

13. Film animasi Pendek Terbaik: Ahasveros karya Sutradara Bobby Fernando

Nah itu dia Daftar Pemenang dalam Kategori Film, kamu bisa menyaksikan keseruan dari Malam Anugerah FFI 2021 ini di akun instagram resmi mereka https://www.instagram.com/festivalfilmid/ atau di Channel Youtube Kompas Tv.

Yuk dukung terus perfilman Indonesia dengan tetap menonton tayangan secara legal di Bioskop kesayangan kamu atau Layanan streaming resmi yaa. Maju terus film Indonesia.

Original Source

Topik Menarik

{