Deretan Musik Scoring Garapan Jonny Greenwood

Gaya Hidup | cultura.id | Published at Senin, 15 November 2021 - 03:35
Deretan Musik Scoring Garapan Jonny Greenwood

5 November kemarin, Jonny Greenwood resmi merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Pria kelahiran Oxford ini dikenal sebagai gitaris dan multi instrumentalis dari grup musik Radiohead.

Bersama band asal Oxford itu, ia telah menghasilkan 9 album penuh beserta album-album lainnya. Di luar Radiohead, adik dari Colin Greenwood ini juga rajin membuat music scoring untuk berbagai film.

Sudah banyak film yang music scoring-nya pernah diisi oleh Jonny Greenwood dan berikut beberapa yang terbaik.

Bodysong (2003)

Ini adalah film pertama Jonny Greenwood selaku music director. Bodysong sendiri merupakan sebuah film dokumenter tentang kehidupan dan kondisi manusia. Film ini banyak mengambil gambar dari seluruh dunia, serta keadaan 100 terakhir di dunia perfilman.

Untuk kebutuhan music scoring film ini, Jonny Greenwood memakai pendekatan musik atmosferik dan sedikit futuristik. Penggunaan string section dan ondes martenot terasa di tiap music scoring-nya.

 

There Will Be Blood (2007)

Film satu ini merupakan debut yang mengawali kerja sama Jonny Greenwood dengan Paul Thomas Anderson (PTA). Jonny Greenwood sendiri merupakan kolaborator tetap PTA di departemen music scoring.

There Will Be Blood sendiri berkisah tentang sosok pengusaha minyak serakah bernama Daniel Plainview (Daniel Day-Lewis). DI film ini, Jonny Greenwood memakai musik dengan penggunaan string section yang mencekam dan menyayat hati. Hal itu sangat memperkuat nuansa yang hendak ditampilkan film garapan PTA itu.

 

Norwegian Wood (2010)

Jonny Greenwood juga pernah menjadi penata musik untuk film adaptasi novel ternama ini. String section masih dipakai oleh Jonny Greenwood untuk music scoring film ini. Sesuatu yang sudah menjadi trademark gitaris Radiohead itu dalam membuat music scoring.

String section yang dipakai pada film ini tergolong mewah dan sedikit menyayat hati. Ada pula beberapa musik yang memakai unsur gitar, piano, dan drum sebagai unsur dominan. Jonny Greenwood pun juga memasukkan beberapa lagu dari Can, guna memperkaya suasana di film Norwegian Wood.

 

We Need to Talk About Kevin (2011)

Setahun selepas Norwegian Wood, Jonny Greenwood kembali menjadi penata musik untuk film adaptasi novel lainnya, We Need to Talk About Kevin. Film yang dibintangi oleh Tilda Swinton itu berkisah tentang seorang anak berkarakter psikopat bernama Kevin (Ezra Miller).

Di film ini, Jonny Greenwood memberi sentuhan string section yang menghantui pada adegan tertentu. Sentuhan piano bernada minor pun turut dihadirkan oleh musisi kelahiran Oxford itu.

 

The Master (2012)

Usai bekerja sama lewat There Will Be Blood (2007), Jonny Greenwood kembali bekerja sama dengan PTA lewat The Master (2012). Film sepanjang 137 menit itu berkisah tentang Freddie Quell (Joaquin Phoenix) yang kehilangan arah dan bertemu dengan pemuka sekte sesat bernama Lancaster Dodd (Philip Seymour Hoffman).

Selain memakai string section, Jonny Greenwood juga memakai beberapa instrumen perkusi di film satu ini. Ia pun juga memasukkan beberapa lagu yang pernah populer di era tahun 1950 -1960-an.

 

Inherent Vice (2014)

Kerjasama Jonny Greenwood dan Paul Thomas Anderson masih berlanjut. Kali ini mereka kembali bekerja sama lewat Inherent Vice (2014). Film yang kembali dibintangi Joaquin Phoenix itu mengisahkan seorang hippie dan private investigator yang hidup di era 1970-an.

Di film ini, Jonny Greenwood memasukkan salah satu unreleased song dari Radiohead, Spook. Ia pun juga memasukkan beberapa lagu dari Can, Neil Young, dan The Marketts.

Phantom Thread (2017)

Ini adalah film keempat Paul Thomas Anderson yang kembali melibatkan Jonny Greenwood. Phantom Thread sendiri berkisah tentang seorang penjahit ternama di era 1950, Reynolds Woodcock (Daniel Day-Lewis).

Dalam menggarap musik untuk film ini, Jonny Greenwood mencoba memakai musik bernuansa klasik khas Inggris di era 1950-1960. Sajian musik yang ia sajikan di film ini sendiri menuai banyak penghargaan dan nominasi. Salah satunya adalah nominasi Academy Awards 2018 untuk kategori Best Original Score.

 

You Were Never Really Here (2017)

Di tahun yang sama dengan perilisan Phantom Thread (2017), Jonny Greenwood juga mengisi music score untuk film lainnya, You Were Never Really Here. Film yang dibintangi Joaquin Phoenix merupakan adaptasi dari novel berjudul sama.

Musik yang disajikan Jonny di film ini tergolong variatif, lantaran ia memakai banyak instrumen dan genre musik. Seperti di film sebelumnya, sajian musik yang ia sajikan di film ini berhasil menuai nominasi dan penghargaan. Salah satunya adalah penghargaan Best Music dari ajang British Independent Awards 2018.

 

Artikel Asli