Amankah Pasang Behel Saat Hamil?

Gaya Hidup | yesdok.com | Published at Minggu, 14 November 2021 - 16:10
Amankah Pasang Behel Saat Hamil?

Behel atau kawat gigi merupakan salah satu cara untuk merapikan gigi. Meski begitu, tidak sedikit yang menggunakan behel gigi untuk kebutuhan lifestyle. Tidak terkecuali pada ibu hamil. Lalu, amankah ibu hamil menggunakan behel gigi?

Selama masa kehamilan, wajar jika segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan dipertimbangkan dengan matang. Seperti dalam memutuskan menggunakan behel saat hamil. Sebenarnya memasang behel saat hamil aman dilakukan dan tidak akan berdampak pada kesehatan janin. Namun, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi. Hal ini dilakukan untuk menentukan jenis perawatan apa yang tepat untuk ibu hamil. Mengingat selama masa kehamilan terjadi peningkatan hormon yang memengaruhi seluruh tubuh. Termasuk bagaimana reaksi terhadap plak dan kuman pada gigi. Sehingga bisa meningkatkan risiko sakit gigi dan gusi pada ibu hamil.

Risiko sakit gigi dan gusi selama kehamilan dapat meningkatkan infeksi. Apalagi selama kehamilan perubahan hormon membuat kesehatan mulut ibu hamil menjadi lebih sensitif dari biasanya. Dikhawatirkan pula pemakaian kawat gigi yang bercampur dengan air liur dapat mengganggu pencernaan jika tertelan dan masuk ke tubuh. Belum lagi bahan-bahan yang terkandung dalam kawat gigi dapat meningkatkan risiko alergi untuk ibu hamil.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus ibu hamil perhatikan setelah memasang behel gigi yakni rutin menyikat gigi dengan sikat kecil khusus untuk kawat gigi. Terutama setelah makan agar kebersihan gigi tetap terjaga dan tidak ada sisa makanan yang tersangkut dan menjadi sarang pertumbuhan bakteri.

Tidak lupa rutin membersihkan gigi dengan benang gigi atau dental floss. Mintalah pada dokter gigi jenis pasta gigi yang direkomendasikan untuk ibu hamil yang menggunakan behel. Serta melakukan kontrol perawatan gigi secara rutin.

(Foto: oc dental)

Artikel Asli