Waspada, Penyakit Anak Di Musim Pancaroba

Gaya Hidup | yesdok.com | Published at Minggu, 14 November 2021 - 07:10
Waspada, Penyakit Anak Di Musim Pancaroba

Melihat anak sakit adalah hal yang paling menyiksa dan tidak ada yang menginginkan hal tersebut. Para orang tua harus tetap waspada apalagi jika tengah memasuki musim pancaroba yang rawan penyakit untuk anak-anak yang rentan terhadap penyakit.

Berikut beberapa penyakit yang sering kali dialami oleh anak-anak saat musim pancaroba:

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

ISPA melanda anak-anak bisa karena daya taba tubuh yang menurun akibat perubahan cuaca. Perlu diketahui bahwa kuman bersarang di saluran pernapasan. Sehingga saat imunitas anak-anak rendah maka kuman dengan mudah berkembang dan menyerang menjadi penyakit.

Alergi dan asma

Musim pancaroba adalah musuh bagi penderita alergi dan asma. Pengidap asma alergi cenderung lebih rentan saat pancaroba. Karena saat musim pancaroba, angin kencang bisa membawa debu dan serbuk sari yang memicu alergi asma. Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan masker saat bepergian.

Penyakit akibat gigitan nyamuk

Penyakit akibat gigitan nyamuk seperti demam berdarah, malaria dan chikungunya banyak terjadi saat musim pancaroba. Karena saat pancaroba pergantian musim yang sifatnya kering ke basah.

Diare

Perkembangan virus dan bakteri di musim pancaroba disebabkan perubahan cuaca dan berubahnya tekanan udara, suhu dan komposisi udara. Mengonsumsi makanan yang higienis di luar rumah saat musim pancaroba dapat meningkatkan risiko diare. Makan makanan sembarangan dapat menimbulkan penyakit diare. Hal ini bisa terjadi bukan hanya pada anak-anak tetapi juga orang dewasa. Seseorang dikatakan mengalami diare akut yakni 10-20 kali buang air besar dan kondisi ini sangat berbahaya.

Perlindungan dari penyakit di musim pancaroba dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan tangan untuk melindungi diri dari berbagai penyakit. Selain itu, di musim pancaroba usahakan anak-anak menggunakan pakaian panjang atau lebih tertutup. Oleskan lotion anti nyamuk atau memakai kelambu tidur. Gunakan pula obat nyamuk sebelum menggunakan ruangan.

Serta gunakan balsem untuk membantu meredakan beberapa keluhan kesehatan seperti batuk pilek, perut kembung dan diare. Balsem ini juga dapat mengusir nyamuk karena biasanya wanginya tidak disukai.

(Foto: todays parent)

Artikel Asli