Biennale Jogja XVI Equator #6 2021 Berakhir

Gaya Hidup | radarjogja | Published at Minggu, 14 November 2021 - 14:45
Biennale Jogja XVI Equator #6 2021 Berakhir

RADAR JOGJA - Biennale Jogja XVI Equator #6 2021 resmi berakhir. Penyelenggaraan selama 40 hari di empat lokasi pameran menghadirkan atmosfer seni yang apik. Mulai dari Jogja National Museum (JNM), Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Museum dan Tanah Liat (MdTl) dan Indieart House.

Selama 40 hari tersebut tak hanya diisi dengan pameran. Adapula beragam pertemuan yang terbagi dalam 99 program. Ini meluas karena awalnya hanya 70 program, jelas Direktur Yayasan Biennale Jogjakarta Alia Swastika saat acara Penutupan Biennale Jogja XVI di Jogja National Museum (JNM), Sabtu malam (13/11).

Malam penutupan juga dihiasi dengan tradisi Lifetime Achievement Award (LAA). Untuk kali ini Yayasan Biennale Jogjakarta memberikan penghargaan tersebut kepada dua sosok. Mereka adalah Nunung WS dan Hermanu.

Alia menuturkan keduanya berkontribusi penting dalam pembentukan wacana dan pengembangan ekosistem seni, khususnya di Jogjakarta. Selain itu juga memiliki dedikasi, loyalitas, integritas, dan kontribusi praktik yang sangat tinggi.

Para Dewan Pembina dan Pengawas Yayasan Biennale Jogjakarta dengan berbagai pertimbangan memberikan Lifetime Achievement Award kepada dua sosok ini. Merupakan figur yang berperan dalam pembentukan ekosistem seni di Indonesia dan lebih khusus lagi di Jogjakarta, katanya.

Selain penghargaan kepada seniman dan kurator berdedikasi, adapula peluncuran buku Membabar Peta dan Merupa Bumi. Buku ini hasil dari Sinau Romo Mangun yang merespon ruang Romo Mangun pada pameran di JNM. Serta pula peluncuran buku Pasang Naik dan Laut yang Sama, kedua buku tersebut merupakan katalog Biennale Jogja XVI equator #6 2021.

Pada penghujung acara dilakukan forum diskusi, yang menarik forum ini dilakukan dengan format musik hip-hop yang di isi oleh teman-teman pegiat musik hip-hop dari Indonesia bagian timur. Beberapa yang tampil adalah DJ Kateratchy, Lacosmusixx, Mario Zwinkle, Keilandboi, Uncle T, Presiden Tidore, Bacil Kill, dan Muria. (*/om10/dwi)

Artikel Asli