Cukup 30 Menit, Simak Bahaya Tidur Siang Jika Melebihi Waktu!

Gaya Hidup | herstory | Published at Minggu, 14 November 2021 - 18:40
Cukup 30 Menit, Simak Bahaya Tidur Siang Jika Melebihi Waktu!

Moms, pernah gak merasakan sakit kepala setelah tidur siang? Bisa saja itu disebabkan durasi dan waktu tidur yang salah, lho.

Tidur siang memang bagus untuk kesehatan jangka panjang dan membuat rasa lelah hilang. Namun, ada waktu tertentu agar manfaat tersebut dirasakan oleh tubuh.

Ternyata, cukup 20-30 menit untuk memejamkan mata agar membuat suasana hati lebih baik. Psikiater dan pendiri Menlo Park Psychiatry & Sleep Medicine, Alex Dimitriu, MD, mengungkapkan bahwa tidur siang dalam waktu singkat juga memperbaiki gejala kelelahan, seperti lekas marah, motivasi rendah, dan mengantuk.

Melansir Suara.com, tidur siang dalam waktu lebih dari 30 menit di waktu sore mempengaruhi tidur di malam hari. Hal tersebut terjadi karena dapat mempersulit Moms mendapatkan tidur malam berkualitas.

Tidur siang lebih dalam waktu lama berisiko membuat Moms lebih pusing dan lelah daripada sebelumnya. Kondisi ini disebut inersia tidur.

"Ini terjadi karena setelah lebih dari 30 menit, tidur kita menjadi lebih nyenyak, dan setelah itu bisa lebih sulit untuk bangun lagi," kata Dimitriu.

 

Tidur nyenyak itu dikenal sebagai tidur gelombang lambat dan memasuki beberapa menit tidur REM, atau tahap tidur yang lebih ringan.

Apabila Moms merasa perlu tidur siang beberapa kali dalam seminggu, kemungkinan Anda tidak mendapatkan tidur malam yang cukup.

"Idealnya tidur siang harus menjadi pengecualian, bukan aturan, dengan fokus pada tidur malam yang optimal, yakni 7 hingga 8 jam semalam," sambungnya.

Artikel Asli