Tips Mencegah dan Mengatasi Mata Merah Setelah Berenang

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Published at Minggu, 14 November 2021 - 08:00
Tips Mencegah dan Mengatasi Mata Merah Setelah Berenang

Renang merupakan kegiatan olahraga yang menyenangkan. Dikutip dari Halodoc , renang punya manfaat menguatkan otot dan tulang, melatih pernapasan, menyehatkan jantung, meredakan radang sendi, serta sensasi relaksasi. Sederet manfaat tersebut jadi alasan mengapa olahraga akuatik ini digemari orang-orang.

Sayangnya, di balik manfaat yang dimiliki, terdapat efek yang tidak menyenangkan setelah renang. Efek tersebut adalah mata menjadi merah dan terkadang terasa perih. Melansir dari Hello Sehat , hal ini terjadi karena klorin di dalam air yang terkontaminasi oleh urine, keringat, sel kulit, deodoran dan make up yang menempel pada tubuh. Klorin yang terkontaminasi tersebut berubah menjadi zat iritan yang disebut kloramin. Agar tidak terjadi lagi dan renang jadi lebih menyenangkan, berikut cara mencegah mata merah setelah berenang.

Gunakan kacamata renang

Mata Merah karena Renang

Penggunaan kacamata khusus renang sangat disarankan. Cara ini bertujuan untuk mencegah terjadinya mata merah setelah berenang. Ini karena kacamata renang telah dirancang untuk melindungi mata dari zat iritan seperti kloramin. Selain itu, penggunaan kacamata juga ditujukan agar perenang mampu melihat lebih baik di dalam air.

Mencuci mata

Selanjutnya adalah mencuci mata sehabis berenang. Langkah ini dilakukan untuk meluruhkan berbagai senyawa kimia yang menempel di sekitar mata serta tubuhmu. Lakukan cara ini dengan menggunakan air keran sambil menutup mata kamu, ya. Oh iya , selain mencegah, mencuci mata juga mampu mengobati mata merah, lho!

Gunakan obat tetes

Berikutnya adalah menggunakan obat tetes mata. Obat ini diciptakan untuk mencegah serta mengobati mata merah. Pemakaian obat tetes mata sebelum berenang mampu mencegah serta mengurangi efek mata merah, lho! Sebab, penggunaan obat tetes mata ini ditujukan agar cairan mata tetap seimbang. Kamu juga disarankan menggunakan obat tetes mata setelah berenang untuk mengatasi mata merah.

Cukupi kebutuhan air minum

Mata Merah karena Renang

Selain akibat air kolam yang terkontaminasi kloramin, iritasi mata juga disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Untuk itu, sangat penting memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mencukupi kebutuhan air minum. Maka, minumlah air putih yang cukup sebelum dan setelah berenang. Tubuh yang terhidrasi turut membuat mata tetap lembap, lho!

Yap , itulah cara-cara untuk menghindari mata merah setelah berenang. Telah dijelaskan penyebab terciptanya zat iritan, yakni kloramin. Untuk meminimalisir zat iritan, jangan pipis di kolam renang, ya! Sebelum masuk ke kolam renang, basuh tubuhmu terlebih dahulu agar bersih dari kotoran yang menempel.


Artikel Asli