Gelora Banyuwangi Usulkan Tiga Tokoh Blambangan Menjadi Pahlawan Nasional

Gaya Hidup | jatimtimes.com | Published at Kamis, 11 November 2021 - 17:09
Gelora Banyuwangi Usulkan Tiga Tokoh Blambangan Menjadi Pahlawan Nasional

JATIMTIMES - Dalam memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021 jajaran pengurus Partai Gelombang Rakyat (GELORA) Indonesia Kabupaten Banyuwangi menggelar rangkaian acara peringatan salah satunya melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wisma Raga Satria dan Makam Rempeg Jogopati pada Rabu (10/11/2021).

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai GELORA Indonesia Banyuwangi H.Sugiarto, program yang dilakukan merupakan bentuk ungkapan terima kasih yang atas jasa dan perjuangan para pahlawan dalam melawan para penjajah dan mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Dalam momentum peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Partai GELORA Indonesia Banyuwangi, memberikan dukungan atas upaya beberapa elemen masyarakat yang mengusulkan tiga tokoh Bumi Blambangan menjadi Pahlawan Nasional, yaitu; Wong Agung Wilis, Rempeg Jogopati danSayu Wiwit.

"Kami mendukung usulan tiga tokoh Blambangan; Wong Agung Wilis, Rempeg Jogopati dan Sayu Wiwit untuk menjadi Pahlawan Nasional, mengingat dalam catatan sejarah ke 3 tokoh tersebut dikenal pantang menyerah dan memiliki patriotisme dalam melakukan perlawanan terhadap VOC, " jelas Sugiarto, Kamis(11/11/2021).

Ketiga tokoh Blambangan tersebut, imbuh dia mampu menjadi inspirasi bagi generasi muda Banyuwangi dalam menumbuhkan kecintaan kepada tanah air, rela berkorban, semangat dan jiwa patriot dalam .melakukan perjuangan sampai titik darah penghabisan.

Peristiwa patriot masyarakat Blambangan tersebut dikenal dengan PerangPuputan Bayu yang heroik dengan mengorbankan jiwa raga dan mencurahkan seluruh sumber daya yang dimiliki rakyat Blambangan untuk mengusir VOC pada masa itu.

Bahkan tercatat dalam sejarah VOC harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit dan mengalami kerugian yang cukup besar dalam Perang Puputan Bayu nilai sekitar 8 ton emas. Rempeg Jogopati adalah pemimpindalam Perang Puputan Bayu atau yang juga dikenal dengan Pemberontakan Jagapati saatVOC menduduki Bumi Blambangan.

Ilham Triadi, salah seorang Budayawan Banyuwangi menyatakan memberikan dukungan atas usulan tiga tokoh Blambangan menjadi pahlawan nasional dan menyambut baik serta mengapresiasi langkah partai besutan Fachri Hamzah tersebut.

"Patut diapresiasi agar menjadi modal sosial yang besar untuk diikuti elemen yang lain sebagai generasi penerus bangsa dalam rangka menumbuhkan kepahlawanan dan jiwa nasionalisme," ujar Ilham.

Dia menuturkan dalam catatan sejarah perang besar rakyat Blambangan mulai dari Ulu Pampang, Perang Lateng dan Perang Banyu alit selama kurun waktu 1678 - 1771 M seharusnya menginspirasi generasi milenial.

"Sangatlah pantas tiga tokoh Bumi Blambangan diusulkan menjadi Pahlawan. Karena memang aksinya yang mampu menyatukan berbagai etnis sebagai modal sosial melawan VOC. Peperangan yang terjadi di Bumi Blambangan itu bukan hanya perang antara Wong Blambangan dengan VOC, akan tetapi juga ada keterlibatan etnis lain seperti suku Jawa, Bali, Madura bahkan suku Mandar dan Bugis pun ikut terlibat, " imbuh Ilham.

Artikel Asli