7 Model Rambut Ikal Pendek Pria dan Cara Merawatnya

Gaya Hidup | katadata.co.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 14:35
7 Model Rambut Ikal Pendek Pria dan Cara Merawatnya

Tipe rambut lurus pada pria biasanya sangat mudah untuk ditata. Gaya potongannya pun umumnya memakai model rambut pendek pria yang terlihat simpel dan sederhana.

Akan tetapi bagaimana dengan tipe rambut ikal pada pria?, apakah cara merawatnya sama dengan rambut tipe lurus biasa?, lalu seperti apakah model rambut ikal pendek pria?. Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, tentunya harus dibahas satu persatu. Meski begitu, ada juga jawaban sederhana dari ketiga pertanyaan tersebut.

Misalnya, cara mudah merawat rambut ikal pria itu ternyata hampir mirip seperti merawat rambut tipe lurus. Kemudian model rambut pendek pria yang cocok untuk jenis rambut ikal juga nyaris serupa. Namun terdapat beberpa perbedaan.

Jika Anda adalah pria dengan tipe rambut ikal, maka Anda harus menyimak sampai habis isi dari artikel ini. Sebab, Katadata.co.id sudah merangkum 7 model rambut ikal pendek pria dan cara merawatnya. Dikutip dari situs gatsby.co.id, axe.com, giovanibarbershop.com, serta sumber lainnya, penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Model Rambut Ikal Pendek Pria

1. Undercut

Di posisi pertama, model rambut pendek pria yang cocok untuk tipe rambut ikal adalah undercut .

Ya, jenis potongan rambut yang sangat digandrungi oleh remaja laki-laki di Indonesia dalam beberapa waktu kebelangang ini, bisa diaplikasikan untuk rambut tipe ikal atau kriting.

Undercut sendiri merupakan model potongan rambut yang mencukur rambut bagian samping dan belakang setipis dan serapih mungkin. Sedangkan bagian atasnya dibiarkan tebal. Jika Anda punya tipe rambut ikal serta memiliki brewok (bulu atau rambut yang tumbuh pada dagu dan pipi belakang), maka kesan maskulin akan melekat pada tampilan Anda.

Agar bentuk rambut bagian atas terlihat lebih sempurna dan rapih, Anda bisa memaki pomade atau minyak rambut yang sesuai. Sehingga kesan maskulin tidak hilang dalam kuurun waktu yang lama.

2. Buzz cut

Gaya rambut cepak ternyata memiliki istilah kerennya sendiri. Namanya yaitu buzz cut . Model rambut pendek pria ini mirip dengan creaw cut dan terinspirasi dari gaya rambut militer.

Meski hampir serupa, kedua jenis potongan rambut ini cukup berbeda. Umumnya cukuran rambut buzz cut ukurannya jauh lebih pendek ketimbang creaw cut.

Model rambut pendek pria ini sangat cocok diaplikasikan pada rambut ikal Anda. Sebab gaya potongannya bisa membuat penampilan Anda lebih rapih dan bersih. Tentunya masih tetap keren.

Selain itu, model rambut ini bisa diseimbangkan bersama gaya busana dengan nuansa tegas.

3. Korean Curly Middle Part

Model rambut pendek pria Korea ini bisa diterapkan pada rambut ikal milik Ada. Gaya potongannya ini sangat populer di Korea. Salah satu personel idol group asal Korea yaitu Jungkook BTS pernah menggunakan model rambut tersebut.

Anda yang punya rambut ikal, bagian samping dan belakang bisa dicukur pendek. Kemudian membiarkan rambut bagian depannya tetap panjang. Anda juga bisa membentuk belah tengah pada poni.

4. Medium cut

Tidak hanya undercut , model potongan rambut medium cut pun bisa Anda aplikasikan pada rambut ikal Anda. Pola cukurannya bisa menambah nilai natural.

Selain itu medium cut akan memberikan ilusi kalau rambut ikal Anda terlihat lebih bervolume. Anda bisa menata poni rambut ikal Anda dengan disisir ke samping, atau membiarkannya seacara natural.

5. Thin Curls

Gaya rambut ini bisa diterapkan dengan cara, menata rambut ikal Anda kea rah belakang.

Untuk menambah daya tarik dari tampilannya, Anda bisa memadukanya dengan model potongan rambut pendek seperti short crop atau taper faded .

6. Curly pompadour

Curly pompadour merupakan salah satu dari varian model rambut pendek pompadour . Publik figur dengan tipe rambut ikal ternyata ada yang menggunakan model ini. Dia adalah penyanyi terkenal asal Amerika Serikat yaitu Bruno Mars.

Model rambut pria ini biasanya akan memotong bagian sampingnya dengan ukuran sedang. Sementara bagian atasnya dibiarkan tebal. Seolah-olah mengembang dan akan menambah kesan rambut lebih bervolume.

Gaya potongan ini bisa diterapkan pada rambut ikal Anda.

7. Messy comb over

Seperti pada gaya rambut messy lainnya, kesan cool akan tetap melekat pada model rambut pria messy comb over .

Model rambut tersebut sangat cocok bagi Anda yang memiliki rambut ikal, namun tetap ingin terlihat menarik.

Cara Merawat Rambut Ikal Pada Pria

Untuk merawat rambut ikal agar terlihat lebih bersih dan mengkilap, setidaknya ada 4 cara mudah yang bisa Anda lakukan di rumah. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

  • Gunakan produk perawatan yang tepat

Rambut ikal memerlukan produk perawatan yang tetap agar kondisinya tetap terjaga. Misalnya menggunakan sampo dan kondisioner dengan nutrisi untuk jenis rambut ikal. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak terlalu sering memakai produk penata rambut. Penggunaan secara berlebihan dapat merusak rambut ikal Anda.

  • Gunakan hair spray

Salah satu permasalahan yang sering muncul pada jenis rambut ikal adalah mudah kusust. Untuk mengatasinya yaitu semprotkan hair spray yang cocok dengan rambut ikal Anda, pada jarak sekitar 15 cm.

  • Gunakan hair care

Tak hanya sampo dan kondisioner, Anda bisa menggunakan vitamin dan serum rambut menjaga kondisi rambut ikal, sekaligus melembutkannya supaya mudah diatur.

Terlalu sering menyisir dan menggunakan pengering rambut, dapat berpotensi merusak rambut ikal Anda. Oleh karena itu lakukan hal tersebut dengan sewajarnya saja dan tidak terlalu berlebihan.

Demikian pembahasan tentang 7 model rambut ikal pendek pria dan cara merawatnya. Secara umum semua tipe rambut laki-laki cocok dengan potongan pendek. Sebab selain simpel dan praktis, gaya rambut semacam ini akan menyatu bila diserasikan dengan busana casual.

Artikel Asli