Jarang Disadari Ternyata Ini Gejala Diabetes yang Muncul di Alat Kelamin, Perhatikan Nih Ciri-cirinya...

Gaya Hidup | herstory | Published at Kamis, 11 November 2021 - 14:00
Jarang Disadari Ternyata Ini Gejala Diabetes yang Muncul di Alat Kelamin, Perhatikan Nih Ciri-cirinya...

Di masa pandemi, terjadi peningkatan kasus diabetes di Indonesia. Padahal diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang berbahaya apabila tak ditangani dengan serius.

Sayangnya, diabetes menjadi salah satu penyakit yang kerap kali jarang terdiagnosis lantaran tak memiliki gejala yang pasti. Dilansir dari Express UK , NH Inggris mengatakan banyak orang menderita diabetes tipe 2 tanpa disadari. Ini karena gejala tidak selalu membuat seorang merasa tidak sehat.

Meski demikian, ada tanda utama yang khas, termasuk gatal-gatal di sekitar penis atau vagina atau berulang kali mengalami sariawan. Seseorang mungkin juga memperhatikan bahwa luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, atau penglihatan kabur.

Gejala diabetes tipe 2 juga termasuk buang air kecil lebih dari biasanya, terutama di malam hari, merasa haus sepanjang waktu, dan merasa sangat lelah. Diabetes tipe 2 sering didiagnosis setelah tes darah atau urin untuk hal lain.

Seorang harus mengunjungi dokter umum Anda jika Anda memiliki gejala, tetapi juga disarankan agar Anda menemui dokter umum Anda jika memiliki faktor risiko diabetes dan khawatir akan terkena diabetes di masa depan.

Jika Anda didiagnosis dengan diabetes tipe 2, Anda mungkin dapat mengontrol gejala Anda hanya dengan makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan memantau kadar glukosa darah Anda," kata NHS.

"Namun, karena diabetes tipe 2 adalah kondisi progresif, Anda mungkin pada akhirnya memerlukan obat, biasanya dalam bentuk tablet."

Ada beberapa hal yang dapat membantu Anda mengurangi risiko terkena kondisi tersebut. NHS mengatakan seorang lebih berisiko terkena diabetes tipe 2 jika berusia di atas 40, atau 25 untuk orang Asia Selatan, memiliki kerabat dekat dengan diabetes, kelebihan berat badan atau obesitas atau berasal dari Asia, Afrika-Karibia atau Afrika hitam.

Artikel Asli