Anut Agama Islam, 2 Pesohor Tanah Air Ini Santai Makan Daging Babi: Dagingnya Bikin Ngangenin...

Gaya Hidup | herstory | Published at Kamis, 11 November 2021 - 13:45
Anut Agama Islam, 2 Pesohor Tanah Air Ini Santai Makan Daging Babi: Dagingnya Bikin Ngangenin...

Daging babi menjadi salah satu makanan yang dilarang dan diharamkan untuk disantap dalam ajaran Islam. Namun, bagaimana bila ada orang muslim yang dengan santainya menyantap daging babi padahal sudah jelas-jelas diharamkan?

Penceramah kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) pernah menyinggung soal daging babi yang rupanya halal untuk di makan oleh umat muslim. Namun, hal tersebut dihalalkan bila dalam keadaan darurat.

Babi itu haram, tapi makan babi tidak selamanya haram, ujar UAS saat menghadiri diskusi virtual bersama IDI, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (11/11/2021).

Kondisi yang dimaksud UAS adalah ketika seorang umat Muslim tengah berada di dalam hutam dan tak bisa menemukan sumber makanan halal di sekitarnya.

"Daging babi boleh dimakan, ketika umat muslim tersesat di dalam hutan, dan tak bisa mendapatkan sumber makanan lain. Sebab, pilihannya hanya babi atau mati," terang sang pendakwah.

Jadi, perlu dipahami, makan daging babi hanya diperbolehkan saat momem darurat saja. Sebab, ketimbang harus kehilangan nyawa lantaran tak ada makanan lain, menyantap daging tersebut diyakini menjadi opsi terakhir yang bisa dipilih.

Namun, bagaimana jadinya bila terlepas dari keadaan darurat justru ada sejumlah orang Muslim yang dengan santainya menyantap daging babi? Seperti yang pernah dilakukan oleh para pesohor Tanah Air berikut ini.

Ada dua pesohor Tanah Air beragama muslim yang menghebohkan publik lantaran aksinya menyantap daging babi. Mereka adalah Kaesang Pangarep dan yang baru disorot, Chef Renatta Moeloek.

Simak kisah kelanjutannya berikut seperti dikutip dari berbagai sumber.

Chef Renatta

Baru-baru ini, publik dibuat heboh melihat aksi Chef Renatta Moeloek yang tengah menyantap babi panggang alias Bipang. Pasalnya, disejumlah sumber menyebut kalau juri MasterChef Indonesia itu adalah seorang Muslim dan menganut agama Islam.

Walhasil, tak sedikit warganet di sosial media yang mempertanyakan keyakinan mantan kekasih Dikta itu. Aksi Chef Renatta makan babi panggang terekam kamera dan diunggah dalam akun TikTok @ahe.andri.

Dalam video tersebut, Chef Renatta yang tengah berkunjung ke salah satu wilayah Kalimantan Barat bersama Chef Juna, nampak dihidangkan babi panggang khas Ambawang. Terlihat, Chef Renatta yang begitu lahap mencicipi babi panggang di tangannya.

"Gimana Chef rasanya Chef?," tanya salah seorang pria dari balik kamera.

"Enak lho," ujar Chef Renatta sambil melahap babi panggang di tangannya.

Aksi Chef Renatta Moeloek memakan babi panggang kontan saja menuai beragam reaksi dari warganet. Pasalnya, mereka menduga kalau Chef Renatta adalah penganut agama Islam.

Walhasil, tak sedikit di antaranya yang gaduh membahas soal keyakinan yang dianut pemilik nama asli Puti Renatta Ratnasari Moeloek itu.

Kaesang Pangarep

Anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sempat menghebohkan publik lewat aksinya yang mengaku pernah makan daging babi. Hal tersebut diungkap Kaesang lewat unggahan di blog miliknya, Diary Anak Kampung pada 2013 silam.

Diungkap Kaesang, ia mengaku awalnya melihat sebuah makan sajian daging besar berbentuk kotak di sebuah food court asramanya. Kala itu, Kaesang tenagh menempuh pendidikan di Singapore Institute of Management University.

Lantaran penasaran, ia pun membelinya dan mengatakan bahwa rasanya luar biasa enak. Saat hendak memesan porsi kedua, Kaesang mengaku baru mengetahui kalau yang disantapnya adalah daging babi.

"Ini daging yang paling enak yang pernah gue coba. Dagingnya itu super lembut, empuk, dan maknyus," kata Kaesah dalam tulisan di blog miliknya.

Kaesang mengaku masih terngiang-ngiang akan rasa dari daging babi yang disantapnya.

"Pertama kali di Singapura begini udah bikin dosa. Udah dosa gue banyak banget di Indonesia, ini malah ditambah lagi gara-gara makan daging babi. Tapi enak banget sih, sebenarnya dagingnya, bikin ngangenin," tutur Kaesang.

Berniat untuk menghapus dosanya karena menyantap daging babi, Kaesang langsung mencari masjid untuk beribadah. Namun, Kaesang mengaku ibadahnya terganggu lantaran terngiang-ngiang akan kenikmatan daging babi tersebut.

"Karena ngerasa dosa, gue langsung cari masjid yang paling deket. Ini maksudnya gue mau tobat gara-gara makan daging babi tadi. Waktu gue sholat, gue gak bisa khusuk gara-gara gue keinget sama enaknya daging babi tadi. Gue ngerasa sekarang dosa gue jadi berlipat ganda gini," paparnya,

Nah, itu dia dua pesohor muslim yang secara terang-terangan menyantap daging babi.

Artikel Asli