5 Makanan Ini Bisa Picu Tekanan Darah Tinggi, Jangan Anggap Enteng!

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Kamis, 11 November 2021 - 11:16
5 Makanan Ini Bisa Picu Tekanan Darah Tinggi, Jangan Anggap Enteng!

Bisnis.com , JAKARTA - Makanan enak tidak selalu sehat. Sering kali makanan enak memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Simak 5 makanan yang bisa memicu tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Eat This, tekanan darah tinggi menjadi penyebab kematian paling umum di Amerika Serikat. Tekanan darah tinggi tidak hanya disebabkan faktor genetik. Justru, banyak pasien mengalami penyakit ini lantaran pola diet yang tak sehat.

Simak 5 makanan yang bisa memicu tekanan darah tinggi di tubuh Anda seperti dilansir dari Eat This, Kamis (11/11/2021). Jangan anggap enteng!

1. Daging Olahan

Protein merupakan kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh, salah satu sumbernya merupakan daging. Namun, daging olahan seperti hot dog, bacon, sosis, dan beberapa produk olahan lainnya tidak termasuk dalam makanan yang memiliki protein sehat.

Hasil studi yang diterbitkan pada 2015 menemukan di antara pasien yang menerima hemodialisis, asupan daging olahan secara signifikan dikaitkan dengan tekanan darah yang lebih tinggi. Hal itu disebabkan karena kandungan natrium yang tinggi dari produk daging olahan.

2. Permen

Bukan hanya makanan asin yang bisa memengaruhi tekanan darah Anda. Sebuah studi 2019 yang diterbitkan di Nutrients meninjau data dari 128 peserta berusia antara 65 dan 80 tahun.

Sementara asupan buah utuh dikaitkan dengan penurunan tekanan darah diastolik pada pria dan wanita, penambahan gula secara signifikan terkait dengan peningkatan tekanan darah sistolik dan diastolik. Ini artinya kebiasaan makan permen Anda dapat meningkatkan hipertensi Anda.

3. Keju yang Diawetkan

Anda tidak perlu menghilangkan semua produk susu dari menu Anda jika Anda ingin meningkatkan tekanan darah. Namun, Anda mungkin harus menghindari produk keju olahan jika ingin tekanan darah normal.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrition Journal 2020 meninjau data dari 40.526 wanita di Prancis. Peneliti mengikuti kondisi mereka pasca-studi selama rata-rata 12,2 tahun.

Apa yang ditemukan oleh para peneliti asupan susu secara keseluruhan tidak terkait dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi. Namun, konsumsi keju olahan secara positif terkait dengan peningkatan risiko hipertensi.

4. Mentega

Keju olahan bukan satu-satunya produk susu yang mungkin ingin Anda hindari jika Anda khawatir dengan tekanan darah Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan pada 2013 tidak menemukan hubungan antara kekakuan arteri dan konsumsi susu dengan satu pengecualian, mentega.

Sebaliknya, peneliti studi menemukan bahwa tekanan darah diastolik meningkat dengan asupan mentega, seperti halnya kadar insulin dan kolesterol.

5. Gorengan

Selera Anda terhadap makanan yang digoreng ( deep fried ) dapat berkontribusi pada tekanan darah tinggi Anda.

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Nutrition Research and Practice menemukan bahwa, di antara sekelompok 428 wanita berusia antara 20 dan 57 tahun. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi lebih banyak gorengan memiliki tingkat pra-hipertensi dan hipertensi yang lebih tinggi.

Artikel Asli