5 Tips Menentukan Model Rambut Wanita Sesuai Bentuk Wajahnya

Gaya Hidup | katadata.co.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 10:15
5 Tips Menentukan Model Rambut Wanita Sesuai Bentuk Wajahnya

Pengetahuan yang perlu dimiliki oleh perempuan salah satunya adalah cara memilih gaya rambut. Memang, hal ini bukanlah pekerjaan mudah. Namun masih tetap bisa dilakukan, misalnya menyesuaikan model rambut wanita dengan bentuk wajahnya .

Cara tersebut sangat efektif untuk menentukan gaya rambut. Baik itu model rambut pendek wanita maupun model rambut panjang wanita. Potongan rambut yang cocok dengan bentuk wajah, biasanya akan memberi kesan sesuai kepribadian wanita itu.

Tak hanya menambah rasa percaya diri, model rambut dengan kecocokan bentuk wajah pun bakal mempengaruhi pandangan subjektif setiap orang yang melihatnya.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenani hal di atas, berikut Katadata.co.id sudah merangkum 5 tips memilih model rambut wanita sesuai bentuk wajahnya. Seperti dilansir dari laman tresemme.com, allthingshair.com, dan sumber lainnya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Menentukan Model Rambut Wanita dengan Bentuk Wajah Bulat ( Round Face)

Pada umumnya, permpuan dengan bentuk wajah bulat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai namanya bentu wajah ini cenderung bulat. Singkatnya panjang dan lebarnya hamper sama.

Bentuk wajah bulat atau round face biasanya akan terlihat seperti baby face . Meski begitu, terkadang ada saja wanita kurag percaya diri dengan bentuk wajahnya seperti ini.

Untuk menambah rasa percaya diri, model rambut pendek wanita bisa menjadi solusinya. Akan tetapi model rambut lainnya dapat dijadikan sebagai pilihan alternatif. Khususnya potongan rambut yang bisa menyamarkan pipi tembam atau membuat pipi terihat tirus.

Berikut model rambut wanita yang cocok untuk bentuk wajah bulat.

  • Potongan lob atau long bob

    Model rambut yang satu ini dapat membantu membuat kesan pipi lebih tirus. Potongan lob juga akan menciptakan tampilan pipi yang ramping.
  • Short pixie cut dipadukan side pony

    Potongan pendek seperti short pixie cut yang dipadukan dengan side pony bisa menambah tampilan wajah lebih ramping.
  • Beach waves

    Gaya potongan ini termasuk dalam model rambut pendek wanita. Agar wajah terlihat dengan kesan berbeda, disarankan untuk mencukur rambut sejajar dengan dagu. Jika jenis rambutnya ikal, maka dipotong sepanjang telinga.
  • Model Wanita Rambut Sebahu

    Bagi wanita dengan bentuk wajah bulat, maka model potongan rambut sebahu bisa menjadi pilihan terbaik. Sebab, model rambut pendek wanita yang satu ini akan membuat ilusi seolah-olah leher lebih panjang.
  • Slick-back blunt bob

    Salah satu variasi dari potongan rambut lob ini bisa membantu menyamarkan bentuk pipi yang terlalu lebar.

2. Menentukan Model Rambut Wanita dengan Bentuk Wajah Kotak ( Square)

Pada bentuk wajah square tulang rahang, bagian dahi, dan tulang pipi punya lebar yang hamper sama. Sehingga menciptakan tampilan bentuk wajah menyerupai kotak. Hal ini menjadi salah satu keunikan ketimbang bentuk wajah lainnya. Akan tetapi, jika kurang percaya diri maka alternatifnya bisa dengan memilih model rambut yang sesuai.

Untuk model rambut wanita yang cocok dengan bentuk wajah ini, maka dianjurkan memilih potongan rambut yang bisa menyorot tampilan rahang. Mengapa demikian?. Sebab, bagian tersebut menjadi nilai tambah atau keunikannya.

Berikut ini daftar model rambut wanita yang sesuai dengan bentuk wajah square.

  • Pixie dengan poni panjang

    Model rambut pendek wanita tipe ini bisa mengekspos tampilan rahang. Sehingga daya tarik dari perembuan dengan bentuk wajah persegi akan lebih menonjol.
  • Short bob

    Gaya rambut ini memang populer di kalangan perempuan. Salah satu variannya yaitu short bob sangat cocok untuk wanita dengan bentuk wajah
  • Bob sebatas dagu

    Bila potongan short bob terlalu pendek, maka solusinya adalah dengan mencukurnya sebatas dagu.
  • Model rambut panjang wanita tanpa poni

    model rambut ini juga cocok untuk wanita bentuk wajah kotak.

3. Menentukan Model Rambut Wanita dengan Bentuk Wajah Hati ( Heart)

Bila dilihat dengan garis imajiner, maka bentuk wajah seperti ini akan menyerupai bentuk hati. Pada umumnya, bentuk wajah hati jarang dimiliki. Selain itu salah satu keunikannya yaitu tulang pipi menonjol dan bagian dagunya runcing.

Wanita dengan bentuk wajah hati seharusnya memiliki rasa percaya diri cukup tinggi. Mengingat model wajah ini sangat jarang ditemui. Namun, terkadang ada saja pemilik bentuk wajah ini yang masih merasa kurang percaya diri.

Berikut daftar model rambut wanita dengan bentuk hati, yang mampu menambah percaya diri.

  • High-top knot

    Cara paling mudah untuk menambah rasa percaya diri pada wanita dengan bentuk wajah ini adalah dengan gaya rambut high-top knot . Kuncir atau ikat rambut di atas, maka bagian runcing dagu akan lebih terekspos.
  • Potongan rambut tanpa layer

    Bagi wanita dengan bentuk wajah hati, sebaiknya menghindari model ini. Pasalnya, potongan tipe layer ini bisa menciptakan ilusi rahang yang lebih kecil.
  • Bob asimetris

    Agar bagian bola mata dan tulang pipi lebih terlihat, maka gunakan model rambut pendek wanita tipe bob
  • Variasi poni

    Untuk menambah rasa percaya diri, wanita dengan bentuk wajah hati bisa bermain pada variasi style

4. Menentukan Model Rambut Wanita dengan Bentuk Wajah Oval

Secara umum, karakteristik utama dari bentuk wajah oval adalah ukuran panjang wajah atas ke bawah lebih panjang daripada ukuran lebar wajah ke samping. Tipe wajah ini cenderung bisa menggunakan hamper semua style rambut yang ada. Penyebabnya karena bentuk wajah seperti ini tergolong simetris dan proporsional.

Berikut daftar model rambut wanita yang cocok dengan bentuk wajah oval.

  • Varian pixie-cut

    Bentuk rambut dari gaya pixie akan tetap terjaga walau panjang rambut bertambah.
  • French bob

    Salah satu varian model rambut bob yang cocok dengan dengan bentuk wajah oval adalah French bob.

5. Menentukan Model Rambut Wanita dengan Bentuk Wajah Panjang

Disebut bentuk wajah panjang, karena umumnya orang dengan tipe wajah ini memiliki dagu yang cukup panjang ketimbang bentuk lainnya. Kemudian bagian dahinya lebih simetris.

Untuk gaya rambut yang paling cocok salah satunya yaitu:

Demikian ulasan tentang 5 tips menentukan model rambut wanita sesuai dengan bentuk wajahnya. Pengetahuan seperti ini harus dimiliki oleh semua perempuan, agar bisa tampil lebih percaya diri setiap harinya.

Artikel Asli