7 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Gaya Hidup | katadata.co.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 10:22
7 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, mengkonsumsi makanan yang sehat sangat dianjurkan. Selain itu, asupan nutrisi seimbang akan menyehatkan dirinya dan si buah hati.

Bahan makanan sehat untuk ibu hamil contohnya sayur serta buah yang kaya akan kandungan asam folat. Asam folat bisa membantu menurunkan risiko janin terlahir cacat.

Selain itu, ibu hamil terutama perempuan yang masuk kategori " ibu hamil muda " sebaiknya menghindari makanan tanpa kandungan gizi yang baik. Hal ini akan sangat membantu menjaga kondisi janin di dalam kandungan.

Makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil jumlahnya cukup beragam. Namun pastinya makanan seperti ini tidak cocok dikonsumi ibu hamil, apalagi ibu hamil muda.

Melansir dari situs hellosehat.com dan nutriclub.co.id , berikut Katadata.co.id merangkum 7 makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Telur mentah

Makan yang dilarang untuk ibu hamil diurutan pertama adalah telur mentah dan telur setengah matang. Sebab telur mentah umumnya masih mengandung bakteri salmonella . Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi di dalam tubuh ibu hamil.

Perlu diketahui, bakteri salmonella bisa menginfeksi ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Jika terinfeksi, penyakit seperti muntaber. Paling parah (meski jarang terjadi) infeksi ini bisa menimbulkan infeksi cairan ketuban hingga keguguran.

Oleh sebab itu, konsumsi telur mentah dan telur matang harus dihindari. Dari penjelasan di atas maka bisa disimpulkan bahwa telur mentah bukan makanan yang sehat untuk ibu hamil.

2. Mengkonsumsi jeroan terlalu banyak

Konsumsi bahan makanan dengan kandungan vitamin A memang dianjurkan. Namun bila dimakan berlebihan, ternyata akan berbahaya untuk kodisi janin di dalam kandungan.

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin A yaitu jeroan seperti hati ayam, ampela ayam, hati sapid an sebagainya. Perlu ditekankan kembali, ibu hamil boleh memakan jeroan. Tapi dalam batas yang wajar.

3. Alkohol dan kafein

Tidak hanya ibu hamil, sebaiknya konsumsi alkohol harus dihindari karena tidak baik untuk kesehatan. Meski belum ada penelitian lebih lanjut terkait dampak buruknya, alcohol dikhawatirkan akan mengganggu proses pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Selain itu, alcohol diyakini akan menimbulkan fetal alcohol syndrome . Sindrom jenis ini akan mengakibatkan kelainan terutama pada kelainan bentuk wajah dan jantung. Bahkan sindrom ini berdampak buruk terhadap mental anak sejak dalam kandungan.

Jenis minuman lain yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil adalah kopi, teh, dan minuman dengan kandungan kafein lainnya. Pasalnya, efek diuretik dari kafein menyebabkan tubuh ibu hamil kekurangan cairan dan kalsium.

4. Makanan cepat saji

Risiko terkena penyakit jantung hingga obesitas akan menghantui orang-orang yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji atau fast food .

Ibu hamil tertutama ibu hamil muda, sebaiknya menghindari makanan cepat saji karena tidak baik untuk kesehatan.

5. Mayones dan keju

Bahan dasar membuat mayones adalah telur. Seperti dijelaskan di atas, telur mentah biasanya membawa bakteri salmonella . Sehingga disarankan agar ibu hamil menghindari konsumsi mayones.

Sementara itu untuk keju, karena proses pembuatannya melalui fermentasi beberapa keju jenis tertetu ternyata mengandung listeria yang berbahaya bagi Ibu hamil dan janin dalam kandungan.

6. Susu mentah

Kenapa susu mentah masuk dalam daftar makanan yang dilarang untuk ibu hamil?, jawabannya karena susu mentah biasanya belum diolah dan masih mengandung bakteri di dalamnya. Oleh sebab itu, ibu hamil haru menghindari minuman ini.

Susu mentah hasil perah, umumnya akan melalui proses pemanasan selama beberapa detik untuk membunuh bakteri di dalam susu. Langkah ini biasa disebut pasteurisasi.

Konsumsi susu yang baik untuk ibu hamil adalah susus yang sudah diolah dan bakteri di dalamnnya sudah tidak ada. Sehingga ibu hamil bisa terhindar dari risiko keracunan.

7. Ikan tercemar merkuri

Merkuri merupakan zat yang sangat berbahaya untuk kesehatan, termasuk ibu hamil. Meski ikan laut punya kandungan asam lemak omega-3 dan protein, yang baik untuk pertumbuhan janin, namun kebanyakan seafood ini mengandung zat merkuri.

Hal tersebut disebabkan karena wilayah perairan terutama laut sudah tercemar merkuri. Bahkan badan kesehatan Amerika Serikat, telah mengkelompokan beberapa seafood yang mengandung merkuri tinggi.

Sayuran dan Buahuntuk Ibu Hamil

Agar kondisi kesehatan ibu hamil dan janin tetap terjaga, maka konsumsi buah dan sayuran harus ditingkatkan. Beberapa buah dan sayuran di bawah ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk proses perkembangan janin di dalam kandungan. Simak penjelasannya berikut ini:

Demikian ulasan tentang berbagai makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Dengan tidak mengkonsumsinya, maka kesehatan calon si jabang bayi di dalam kandungan bisa terjaga, serta proses tumbuh kembangnya tidak terganggu.

Artikel Asli