Supaya Punya `Basic Life Skill`, Ini Tips Memasak Bagi Para Pemula

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Published at Kamis, 11 November 2021 - 11:00
Supaya Punya `Basic Life Skill`, Ini Tips Memasak Bagi Para Pemula

Memasak merupakan salah satu basic life skill atau kemampuan dasar dalam hidup yang perlu dimiliki semua orang. Walaupun saat ini teknologi memudahkan orang-orang yang enggak bisa memasak untuk membeli makanan, seperti delivery order , namun memasak sendiri lebih menguntungkan karena bisa berhemat dan tentunya terjamin kebersihannya. Untuk itu, buat kamu yang baru belajar memasak, sebaiknya coba perhatikan dulu tipsnya berikut ini, yuk!

Baca resep dengan teliti

Tips Memasak

Sebelum mulai, bacalah resep masakan yang akan kamu buat dengan teliti. Mulai dari bahan-bahan yang diperlukan, proses pembuatan, hingga cara penyajian. Tujuannya adalah agar kamu bisa menghindari kesalahan yang mungkin terjadi. Enggak sedikit yang gagal saat menyajikan suatu masakan karena tidak membaca instruksi dengan baik. Jangan sampai bahan makanan yang kamu beli jadi sia-sia karena masakanmu gagal.

Siapkan pisau tajam

tips memasak

Menurut Nicole Campoy Jackson yang dilansir Eating Europe mengungkapkan bahwa semakin tajam pisau, maka semakin aman. Banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan ketajaman pisau yang dipakainya, padahal pisau yang tajam akan memudahkan kita saat memasak. FYI, pisau yang tajam juga meminimalisir rasa pedih yang ditimbulkan saat memotong bawang, lho!

Ketahui mana sayuran yang cepat beku dan tidak

tips memasak

Saat berbelanja harian atau mingguan, sebaiknya perhatikan mana sayuran yang cepat beku saat diletakkan di dalam kulkas dan mana yang lebih lama bekunya. Craig Rispoli, Executive Chef fresh&co di NYC mengungkapkan beberapa sayuran mudah membeku sehingga bisa diprioritaskan untuk dimasak lebih dulu. Sedangkan yang lebih lama beku bisa untuk hari esok. Dengan memperhatikan ini, kamu bisa menghemat uang agar sayuran tidak terbuang sia-sia.

Jangan meninggalkan dapur

tips memasak

Beberapa jenis masakan memang mengharuskan kita menunggu cukup lama untuk matang sempurna. Namun, jangan sampai kamu meninggalkan dapur, ya! Kalau hanya harus menunggu 3-5 menit, jangan tinggalkan dapur hanya karena kamu ingin mengeringkan pakaian di mesin cuci. Jangan sampai masakanmu kematangan atau bahkan gosong.

Ikut kelas memasak

tips memasak

Jika kamu punya budget lebih, enggak ada salahnya mendaftarkan diri mengikuti kelas memasak. Melalui kelas memasak, kamu bisa belajar langsung teori dan praktik dari ahlinya. Pilihlah kelas-kelas yang kamu suka, misalnya masakan Indonesia, masakan western , masakan Cina, hingga pastry dan cake.

Salah satu kursus memasak yang bisa kamu coba yaitu di ABC Cooking Studio. Karena berada di dalam mal, studio memasak asal Jepang ini sangat mudah diakses. Apalagi kamu juga bisa memilih jadwal yang bisa kamu ikuti di sela-sela kesibukanmu.

Pada September lalu, ABC Cooking Studio baru saja merayakan ulang tahunnya yang ketiga di Indonesia, lho! Di perayaan tersebut, studio memasak ini membuka kelas-kelas gratis untuk umum, seperti kursus memasak steak wagyu, dessert khas Jepang, hingga merangkai bunga. Tertarik mencoba kursus memasak di sini? Langsung kunjungi ABC Cooking Studio terletak di Central Park Mall dan Senayan City, ya!

Artikel Asli