Sering Kencing di Malam Hari? Waspada Penyakit Ini Mengintaimu!

Gaya Hidup | herstory | Published at Kamis, 11 November 2021 - 09:45
Sering Kencing di Malam Hari? Waspada Penyakit Ini Mengintaimu!

Beauty, apakah kamu belakangan ini sering buang air kecil alias kencing di malam hari? Nah, bisa jadi kamu sedang mengalami nokturia, Beauty.

Nokturia jadi istilah medis yang digunakan untuk mendeskripsikan seseorang dengan kondisi buang air kecil terlalu sering pada malam hari.

Nah, karena menganggu kualitas tidur, nokturia sering disebut-sebut bisa menjadi pemicu beberapa penyakit kronis, lho.

Menurut Konsultan Ginjal dan Hipertensi, dr. Maria Riastuti Iryaningrum, SpPD, KGH, jika kamu alami buang air kecil pada malam hari secara berlebihan, bisa jadi itu sebuah tanda bahwa tubuhmu sedang mengalami gangguan kesehatan.

"Masih oke kalau malam kencing satu hingga dua kali. Kalau berlebihan, bisa jadi suatu tanda penyakit, yang menyebabkan nokturia," kata dr. Maria, seperti dikutip dari media sindikasi Akurat.co.

dr. Maria bilang, keadaan yang bisa menyebabkan nokturia misalnya terjadi pembesaran prostat pada pria. Kemudian pada orang dengan gangguan jantung, aliran darah ke jantung pada malam hari lebih baik karena dalam posisi berbaring. Tapi hal itu justru menyebabkan buang air kecil jadi lebih banyak dan sering pada malam hari.

dr. Maria juga menuturkan, nokturia juga sering terjadi pada penderita diabetes atau kencing manis yang tidak terkontrol, karena gula yang tidak terkontrol dalam tubuh memicu lebih sering buang air kecil. Kata dia, minum berlebihan sebelum tidur juga bisa membuat nokturia, namun itu adalah hal yang wajar dan gak perlu dikhawatirkan.

dr. Maria bilang, simpelnya, dalam kasus minum banyak sebelum tidur, jika gak mau bolak-balik kamar mandi, maka hindari minum berlebih menjelang tidur. Cukupilah minum saat pagi dan siang hari saja.

"Jadi sebenarnya kalau orang dengan nokturia , seharusnya kita cari penyebabnya. Kalau kita cari ternyata gak ada apa-apa, artinya dia harus mulai mengurangi minum saat sore menjelang malam saja," jelasnya.

Jika nokturia hanya terjadi karena kebanyakan minum sebelum tidur, gak ada yang perlu dikhawatirkan. Dalam hal ini, gak membuat kerja ginjal menjadi berat atau tetap bekerja berat pada malam hari. Karena pada dasarnya, ginjal memang tetap bekerja melakukan tugasnya walaupun kamu sedang tertidur.

Terpisah, Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia, dr. Tunggul D Situmorang, Sp. PD-KGH, juga memiliki tanggapan serupa.

"Sering kencing di malam hari itu bisa karena fungsi ginjalnya berkurang, atau ada hal lain. Itu bisa menjadi sebuah tanda. Jadi jangan dibalik, sering kencing di malam hari ada sebabnya, bukan kencing di malam hari jadi penyebabnya," jelas dokter Tunggul.

"Nokturia juga bukan penyebab hipertensi. Gak ada itu di buku. Kalau gangguan tidur, iya bisa. Tapi kalau kurang tidur cek tensi tinggi, itu bisa terjadi. Tapi apakah itu hipertensi? Belum tentu. Tekanan darah tinggi belum tentu hipertensi, ceknya harus diulang, gak sekali," tutup dokter Tunggul.

Nah, semoga informasinya bermanfaat ya Beauty!

Artikel Asli