Heboh Chef Renatta Makan Binatang Haram, Ustaz Abdul Somad Beri Khotbah Soal Babi

Gaya Hidup | herstory | Published at Kamis, 11 November 2021 - 09:30
Heboh Chef Renatta Makan Binatang Haram, Ustaz Abdul Somad Beri Khotbah Soal Babi

Chef Renatta mendadak tuai kontroversi usai ketahuan memakan daging babi panggang khas Ambawang, Kalimantan. Pasalnya, ia diketahui memeluk ajaran Islam yang mengharamkan untuk mengonsumsi babi.

Dalam video TikTok yang dibagikan oleh @ahe.andri, terlihat Chef Renatta bersama Chef Juna asyik menyantap kuliner khas tersebut. Momen itu terjadi ketika mereka mengunjungi Kalimantan.

"Bang ini bukan menyinggung ya, gue cuma nanya aja. Chef Renatta kok makan itu, bukannya dia Islam? Ini bukan mau menyinggung ya," tulis komentar salah satu warganet menanggapi video viral tersebut.

Komentar tersebut kemudian ramai ditangani oleh netizen lain. Banyak yang berdiskusi soal agama yang dianut oleh Chef Renatta.

Isu mengenai status haram daging babi pernah diangkat oleh Ustaz Abdul Somad dalam ceramahnya. Ia menjelaskan bahwa makan babi bagi muslim bisa dikatakan halal bila mengikuti syaratnya.

"Babi itu haram, tapi makan babi tidak selamanya haram," ujar Ustadz Abdul Somad saat hadir di diskusi virtual bersama IDI.

Hal tersebut terjadi apabila seseorang berada di hutan dan gak bisa menemukan sumber makanan halal di sana. Oleh karena itu, bila muslim kelaparan ia boleh memakan daging babi yang ada di sekitarnya.

"Jadi, ketika masuk di dalam hutan, dan di dalam hutan itu tidak ada makanan, tidak ada pisang, tidak ada umbi-umbian. Sementara (saat itu) pilihannya hanya babi atau mati," terangnya.

"Maka saat itu tidak boleh (umat Islam) pilih mati. Jadi, boleh makan babi karena (situasinya) darurat," pungkasnya.

Ustaz Abdul Somad menegaskan bahwa hal tersebut hanya boleh dilakukan dalam keadaan darurat. Daging babi tetap dinyatakan haram dija ada sumber makanan halal yang lain di sekitarnya.

Artikel Asli