Virus Flu Burung Merebak di Jepang, 143.000 Ayam Dimusnahkan

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Kamis, 11 November 2021 - 09:12
Virus Flu Burung Merebak di Jepang, 143.000 Ayam Dimusnahkan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 143.000 ayam akan dimusnahkan setelah Jepang mengkonfirmasi wabah flu burung pertama musim ini di negara tersebut.

Pejabat Pemerintah Prefektur Akita mengatakan bahwa infeksi flu burung yang diyakini berasal dari jenis virus yang sangat patogen telah dikonfirmasi di sebuah peternakan ayam di kota Yokote.

Wabah ini adalah yang pertama dikonfirmasi di negara ini musim ini. Semua dari sekitar 143.000 ayam di peternakan akan dimusnahkan. Prefektur telah meminta pengiriman pasukan Pasukan Bela Diri untuk membantu.

Menurut pemerintah prefektur, pusat kebersihan ternak setempat menerima laporan Selasa bahwa sejumlah ayam telah mati di peternakan. Setelah tes flu burung sederhana menunjukkan hasil positif pada beberapa unggas yang mati, pemerintah prefektur menemukan melalui tes genetik bahwa virus tersebut diyakini sangat patogen.

Sekitar 190 burung mati di peternakan antara Senin dan Selasa, dan virus terdeteksi pada 12 di antaranya, kata prefektur itu. Pemerintah prefektur melarang enam peternakan dalam radius 10 kilometer dari fasilitas yang terkena dampak untuk mentransfer ayam dan telur mereka.

Setelah wabah flu burung, pemerintah mengadakan pertemuan menteri kabinet terkait Rabu pagi, dengan para peserta setuju untuk mengambil semua langkah yang mungkin untuk mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut.

Infeksi mungkin dapat terjadi di daerah lain, kata Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno pada pertemuan tersebut dilansir dari Japan Times

Dia meminta pemerintah daerah di seluruh negeri dan organisasi terkait lainnya untuk menginstruksikan peternakan unggas untuk mengambil tindakan pencegahan penuh.

Sebelum pertemuan, Perdana Menteri Fumio Kishida menginstruksikan kementerian pertanian dan lembaga pemerintah lainnya untuk mengambil tindakan menyeluruh untuk mencegah penyebaran wabah.

Artikel Asli