Cara Membersihkan Rumah Setelah Isolasi Mandiri Karena Covid-19

Gaya Hidup | katadata.co.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 08:05
Cara Membersihkan Rumah Setelah Isolasi Mandiri Karena Covid-19

Virus coronamenular melalui kontak langsung dengan percikan dahak orang yang terinfeksi ketika batuk atau bersin. Virus ini juga dapat menempel di permukaan dan bertahan selama beberapa jam.

Hal ini perlu diwaspadai ketika anggota keluarga yang terinfeksi Covid-19 melakukan isolasi mandiriatau isoman di rumah. Penting kiranya membersihkan rumah apabila anggota keluarga yang terinfeksi sudah selesai isoman.Dan perlu diingat, setelah negatif Covid-19 jangan langsung keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain.

Untuk membersihkan secara menyeluruh, pembersihan dan disinfeksi perlu dilakukan secara cermat. Berikut ini panduan membersihkan rumah menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

Pembersihan Kurang dari 24 Jam

Antara 24 Jam hingga 3 Hari

Menurut CDC, ketika pembersihan dilakukan antara 24 jam sampai 3 hari, tidak perlu lagi melakukan disinfeksi. Cukup membersihkan permukaan di area yang disentuh atau digunakan oleh pasien Covid-19.

Setelah 3 Hari

Menurut CDC, pembersihan tambahan di luar pembersihan rutin tidak perlu dilakukan ketika sudah lebih daritiga hari dinyatakan negatif Covid-19.

Membersihkan Barang-barang

Selain itu, CDC memberikan sejumlah panduan pembersihan dan disinfeksi untuk barang-barang yang ada di rumah.

Untuk benda yang memiliki permukaan halus seperti karpet dan tirai, bersihkan dengan sabun serta air atau dengan pembersih khusus. Jika memungkinkan, cuci menggunakan air hangat lalu keringkan.

Untuk cucian seperti pakaian dan kain, gunakan juga air hangat dan keringkan. Jika mencuci baju orang yang sakit, gunakan sarung tangan dan masker. Setelah itu, bersihkan keranjang pakaian dan cuci tangan dengan sabun serta air mengalir.

Artikel Asli