Loading...
Loading…
Bukan Hanya Pencari Nafkah, Inilah Peran Ayah Dalam Keluarga: Sosoknya Penting untuk Anak dan Istri!

Bukan Hanya Pencari Nafkah, Inilah Peran Ayah Dalam Keluarga: Sosoknya Penting untuk Anak dan Istri!

Gaya Hidup | herstory | Selasa, 09 November 2021 - 16:00

Keberadaan sosok ayah dalam keluarga sangat penting. Idealnya, ayah memiliki tiga peran dalam keluarga yaitu untuk mencintai, melatih, dan menjadi contoh dalam keluarga.

Tiga peran ini baiknya didapatkan di periode emas anak usia 7 hingga 14 tahun dan 8 hingga 15 tahun. Jika tidak, anak bisa merasakan kondisi father hunger atau fatherless yang berarti kondisi kehilangan atau kekosongan sosok ayah dalam pengasuhan.

Berikut adalah pengertian tiga peran ayah dalam keluarga yang dikutip dari Suara.com .

1. Ayah sebagai pecinta

Pakar Pengasuhan Keayahan, Irwan Rinaldi menjelaskan peran ayah dalam mencintai, yaitu caranya mencintai diri sendiri sekaligus mencintai istri sebagai ibu dari anak-anak.

2. Ayah sebagai pelatih

Irwan menambahkan, ayah merupakan pelatih atau coach terbaik. Sehingga penting bagi ayah untuk memiliki kualitas tinggi untuk memberikan ilmu serta waktu bermakna bagi anak. "Ketika anak bercerita terkait perkembangannya, harus ada komunikasi berkualitas agar dapat menciptakan waktu bermakna bersama anak," kata Irwan.

3. Ayah sebagai percontohan

Tidak hanya ibu, ayah juga berperan jadi pendidik pertama dan utama dalam perkembangan anak. Sosok ayah harus bisa membangun positif fathering dengan memperkuat hubungan spiritual atau hubungan dengan Tuhan. Fathering skill menjadi tidak berarti ketika ayah tidak dekat dengan Tuhan.

Baca Juga :
Akhirnya Selingkuh, 3 Hal Bikin Wanita Tidak Setia Sama Pasangan

Untuk seluruh ayah di Indonesia, persoalan anak kita memang sangatlah banyak. Jika kita memiliki hutang pengasuhan, kita harus membayarnya dan jadilah sosok ayah yang sabar dan selalu bersyukur," tutup Irwan.

Original Source

Topik Menarik