Loading...
Loading…
Awas, Gejala Menstruasi Ini Patut Diwaspadai!

Awas, Gejala Menstruasi Ini Patut Diwaspadai!

Gaya Hidup | yesdok.com | Sabtu, 06 November 2021 - 07:10

Haid atau menstruasi bisa menyebabkan munculnya gejala yang tidak nyaman, seperti keram, perubahan suasana hati, dan nyeri payudara. Gejala ringan sering kali dapat ditangani dengan mudah, namun jika gejala menjadi berat atau parah, maka segera periksakan kondisi ke dokter.

Gejala menstruasi yang parah bisa menunjukkan adanya ketidakseimbangan hormon atau kondisi lain. Berikut ini merupakan beberapa gejala menstruasi yang perlu diperhatikan dan membutuhkan perawatan medis:

Pendarahan hebat

Menoragia adalah pendarahan menstruasi yang berat, atau berlangsung lama. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), seseorang mengalami pendarahan yang hebat saat menstruasi jika:

Pendarahan hebat dapat mengindikasikan adanya ketidakseimbangan hormon atau kondisi kesehatan yang memengaruhi rahim.

Bercak

Bercak atau flek yang keluar dari vagina bisa mengindikasikan adanya kondisi seperti:

Dalam kasus yang jarang terjadi, flek atau bercak yang keluar dari vagina di antara periode ata setelah menopause bisa menjadi tanda dari kanker rahim, kanker serviks, atau kanker ovarium.

Diare

Beberapa wanita mengalami sakit perut atau diare selama masa menstruasi atau PMS. Ini terjadi karena adanya pelepasan prostaglandin dari rahim, yang bisa menyebabkan diare, mual, dan pusing.

Jika Anda mengalami diare parah atau terjadi gejala menstruasi lainnya yang tidak biasa, segera temui dokter dan dapatkan perawatan medis terbaik.

(Foto: emedihealth.com)

Original Source

Topik Menarik