Loading...
Loading…
Selain Keluar dari Islam, Deretan Kontroversi Sukmawati Ini Juga Bikin `Gerah` Netizen! Ngeri…

Selain Keluar dari Islam, Deretan Kontroversi Sukmawati Ini Juga Bikin `Gerah` Netizen! Ngeri…

Gaya Hidup | herstory | Sabtu, 06 November 2021 - 22:30

Putri PresidenSoekarno, SukmawatiSoekarnoputri menjadi perbincangan karena meninggalkan Agama Islam untuk pindah keHindu.

Ritual pindah agama akan digelar di Kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, pada Selasa (26/10/2021) mendatang. Lokasi tersebut merupakan Rumah asal ibunda Soekarno , Nyoman Rai Srimben.

Nama Sukmawati Soekarnoputri juga sering menjadi perbincangan publik lantaran pernyataan perilakunya yang kontroversial.

Dikutip dari laman media sindikasi Suara.com, berikut erilaku Sukmawati yang memicu kontroversi.

1. KontroversiPuisiBerjudul \'Ibu Indonesia\'

Adik Megawati Soekarnoputri ini pernah membacakan puisi berjudul "Ibu Indonesia" yang dinilai telah melecehkan umat Islam. Puisi tersebut dibacakan Sukmawati di acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018.

Berikut sepenggalpuisi Sukmawati Soekarnoputri yang menuai kontroversi.

"Kalimat pembuka itu Syariat Islam disandingkan dengan sari konde, itu enggak pantas. Kalau saya harus jujur dia lebih parah dari Ahok," ujar Denny di Markas Polda Metro Jaya.

"Aku tak tahu Syariat Islam. Yang ku tahu, sari konde Ibu Indonesia sangatlah indah. Lebih cantik dari cadar dirimu. Gerai tekukan rambutnya suci, sesuci kain pembungkus wujudmu."

Karena puisi tersebut, Sukmawati dilaporkan ke Polda Metro Jaya, pada Selasa, 3 April 2018.

2. Dugaan Ijazah Palsu

PuriBung Karnoini diduga menggunakan ijazah palsu saat mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif dari Partai Nasional Indonesia Marhaenisme untuk Pemilihan Umum 2009.

Hal ini diketahui setelah KPU dan Badan Pengawas Pemilu mendapat kepastian dari pihak SMA Negeri 3 Setiabudhi Jakarta.

Dari kepala sekolah, diperoleh keterangan bahwa Sukmawati tidak pernah menamatkan sekolah. Padahal saat mendaftar sebagai caleg, Sukmawati melampirkan ijazah SMAN 3 Jakarta untuk kelulusan 1970.

3. Tuduhan Penistaan Agama

Pada 15 November 2019, Sukmawati Soekarnoputri dilaporkan atas dugaan penistaan agama akibat pernyatannya yang membandingkan Nabi Muhammad dengan sang ayah, Soekarno.

Pernyataan itu ia utarakan dalam acara diskusi bertajuk "Bangkitkan Nasionalisme Bersama Kita Tangkal Radikalisme dan Berantas Terorisme".

Banyak pihak yang menyayangkan pernyataan tersebut. Tak hanya dinilai telah menyudutkan, Sukmawati juga dianggap menyingung perasaan umat Islam.

Original Source

Topik Menarik