7 Rekomendasi Film, Dokumenter, dan Serial Penjara Versi 2021

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Rabu, 27 Oktober 2021 - 21:20
7 Rekomendasi Film, Dokumenter, dan Serial Penjara Versi 2021

Bisnis.com, JAKARTA - Belum lama ini, film penjara meramaikan peringkat karena bukan hanya menarik, tetapi juga sangat menghibur bagi sebagian besar pecinta film.

Melansir pada oscarmini.com , Rabu (27/10/2021) jika mendambakan alur dan visual menarik tentang kehidupan di dalam penjara, berikut adalah daftar 7 film, dokumenter, dan serial penjara terbaik tahun 2021.

  1. 13th

Film ini mengisahkan tentang Konstitusi AS yang menghapus perbudakan. Film bergenre dokumenter ini diisi dengan banyak akademisi, aktivis, hingga politisi yang terlibat dalam eksplorasi realitas sistem peradilan AS. Karena itu, film ini bukan termasuk tontonan yang mudah, namun sesuatu yang harus ditonton dan diketahui oleh setiap masyarakat dunia.

  1. The Fear of 13

Film dokumenter selanjutnya berkonsentrasi pada kisah Nick Yarris, seorang pria yang menghabiskan 22 tahun hukuman mati setelah dinyatakan bersalah atas kasus pembunuhan.

Nick mendapatkan kembali kebebasannya pada tahun 2004 setelah bukti DNA membantu dalam hasil penyelidikannya. Penonton akan menghadapi banyak lika-liku serta plot twist yang tidak mungkin dapat dilewatkan.

  1. The Stanford Prison Experiment

Jika pernah mendengar tentang eksperimen penjara Stanford, drama ini akan menjelaskannya dengan detail. Film ini memiliki alur tentang seorang profesor psikologi di Stanford bernama Philip Zimbardo yang memberi 20 siswa acak sebuah kesempatan untuk menjadi tahanan dan penjaga di penjara tiruan.

Kisah terus berlanjut hingga klimaksnya para siswa kehilangan diri mereka karena tenggelam dalam perannya dan menimbulkan para penjaga menjadi lebih kasar.

  1. Shot Caller

Film keempat ini diperankan oleh salah satu aktor serial ternama Game of Thrones, Nikolaj Coster-Waldau, dimana cerita berfokus pada kecelakaan DUI yang tragis dan mengakibatkan ia masuk penjara dengan hukuman 16 bulan yang dinegosiasikan.

Cerita menjadi menarik selepas Nikolaj terlibat dengan geng supremasi kulit putih yang sangat kejam di penjara dan pertempuran itu akhirnya mengeksposnya ke kehidupan kejahatan.

  1. The Platform

Film Netflix Original yang satu ini menunjukkan kepada penonton sebuah penjara distopia di masa depan, dimana para tahanan ditahan dengan konsep sel vertikal.

Makanan mahal berlimpah dan tahanan yang berada di sel atas memiliki kesempatan untuk makan sepuasnya, sementara yang di bawah sangat berpotensi kelaparan sepanjang hari karena gagal mendapat jatah makan. Film ini salah satu film penjara genre thriller yang wajib ditonton.

  1. Orange is The New Black

Rekomendasi keenam ini merupakan serial penjara yang sudah diketahui kebanyakan orang. Berdasarkan memoar Piper Kerman, cerita akan berkonsentrasi pada kisah Piper Chapman yang diperankan Taylor Schilling setelah dijatuhi hukuman 15 bulan di penjara dengan keamanan minimum. Dengan total episode berakhir di musim ke-7, penonton harus segera memulainya agar dapat mengejar ketertinggalan.

  1. Wentworth

Serial ini hampir mirip dengan sebelumnya, yang menampilkan wanita di penjara seperti Orange Is The New Black, tetapi jauh lebih gelap dan menakutkan.

Plot berfokus pada Bea Smith (Danielle Cormack), yang dijatuhi hukuman penjara karena percobaan pembunuhan dan kemudian berjuang untuk bertahan hidup di penjara. Serial ini berhasil mengeluarkan episode hingga musim 7 yang baru saja berakhir dan segera akan ada musim ke 8.

 

Artikel Asli