Loading...
Loading…
Jarang Ada yang Tahu, Ternyata Ini 3 Bahaya Tidur Tengkurap, Jangan Dilakukan Lagi Moms!

Jarang Ada yang Tahu, Ternyata Ini 3 Bahaya Tidur Tengkurap, Jangan Dilakukan Lagi Moms!

Gaya Hidup | herstory | Selasa, 26 Oktober 2021 - 12:30

Tidur tengkurap memang terkadang terasa nyaman dan enak jika kita seharian melakukan berbagai aktivitas yang membuat tubuh letih dan pegal.

Namun, tidur tengkurap ternyata malah bisa menimbulkan berbagai penyakit yang jarang diketahui orang.

Yuk, simak penjelasannya berikut ini, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (26/10/2021).

Efek Tidur Tengkurap

Beberapa orang mengaku bahwa tidur dengan posisi ini bisa membantu membuat mereka tidur lebih nyenyak.

Sayangnya, posisi tidur tengkurap justru dinobatkan sebagai posisi tidur terburuk buat kesehatan, lho. Meskipun dapat membantu mencegah sleep apnea dan kebiasaan ngorok, para ahli sepakat bahwa tidur tengkurap memberikan lebih banyak risiko daripada manfaatnya untuk kesehatan.

Beberapa bahaya tidur tengkurap untuk kesehatan meliputi:

1. Nyeri tulang belakang

Orang yang sering tidur dalam posisi ini setiap malam sering kali mengeluh kesakitan saat bangun tidur. Letak sakitnya berbeda-beda, mulai dari sakit leher, sakit punggung, hingga nyeri persendian.

Hal ini biasanya merupakan akibat dari posisi tidur yang salah. Jika sudah demikian, hal tersebut sedikit banyak dapat memengaruhi kualitas tidur.

Rasa sakit akibat posisi tidur tengkurap dapat membuat kamu terbangun tengah malam, sehingga jumlah jam tidur berkurang.

Tidur tengkurap memang tidak baik untuk posisi tubuh karena posisi tersebut dapat menekan dan meregangkan tulang belakang.

Hal ini terjadi karena berat badan berpusat pada bagian tengah tubuh alias tulang belakang.

Terlebih lagi, tulang belakang merupakan saluran utama yang terisi oleh banyak saraf tubuh. Jika tulang belakang ini mengalami nyeri, otomatis saraf-saraf tubuh di dalamnya akan ikut terganggu.

Kamu mungkin akan merasakan sensasi seperti mati rasa atau kesemutan pada saat bangun tidur. Hal ini dapat menimbulkan rasa tak nyaman pada bagian tubuh tertentu.

2. Leher kaku

Sama halnya dengan nyeri tulang belakang, tidur dalam posisi tengkurap juga dapat menimbulkan rasa sakit pada leher atau leher kaku. Pasalnya, saat tidur, kamu harus bernapas, sehingga tidak mungkin menenggelamkan wajah ke dalam bantal.

Secara tidak sadar, saat tidur tengkurap, kamu akan memelintir leher ke kanan atau kiri selama tidur. Akibatnya, sepanjang tulang leher dan tulang belakang jadi tidak lurus dan ini bisa berakibat fatal.

Hal ini dapat memicu kerusakan serius jika tidak cepat-cepat ditangani. Salah satu kondisi yang mungkin kamu alami akibat tidur tengkurap adalah mengalami leher kaku yang parah.

Dalam istilah medis, leher kaku disebut juga dengan herniated disc. Herniated disc adalah kondisi saat diskus pada tulang leher menyembul dan pecah.

Jika tidak ingin mengalami kondisi tersebut, lebih baik hindari tidur dalam posisi tengkurap.

3. Janin tergencet

Wanita yang sedang hamil sering kali sulit menemukan posisi tidur yang bisa membuatnya tetap nyaman dan aman. Padahal, kamu membutuhkan tidur yang berkualitas supaya kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga.

Namun sebaiknya, hindari posisi tidur tengkurap saat hamil. Ini karena berat badan ekstra pada bagian perut dapat menekan tulang belakang dan justru memicu nyeri punggung.

Tidak hanya berdampak pada sisi ibu, bayi pun akan ikut tergencet jika kamu memaksa tidur dengan posisi tengkurap. Akibatnya, pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan jadi terganggu.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Original Source

Topik Menarik

{
{