Loading...
Loading…
Terkuak Ini 4 Penyebab Wanita Alami Sakit Perut Bawah Sebelah Kiri, Awas Jangan Disepelekan!

Terkuak Ini 4 Penyebab Wanita Alami Sakit Perut Bawah Sebelah Kiri, Awas Jangan Disepelekan!

Gaya Hidup | herstory | Senin, 25 Oktober 2021 - 11:45

Kondisi tubuh seringkali merasakan sakit perut. Penyebabnya pun beragam, mulai dari mengonsumsi makanan terlalu pedas, minum minuman yang asam, dan lain-lain.

Namun, bagaimana jadinya kalau perut terasa sakit tapi bukan karena alasan tersebut? Misalnya sakit perut bawah sebelah kiri, terutama jika dialami oleh wanita.

Biasanya jika mengalami sakit sebelah kiri, bisa jadi ada hubungannya dengan saluran pencernaan. Jika rasa sakitnya tidak bisa tertahankan lagi dan berlangsung selama lebih dari dua hari, sebisa mungkin untuk menjalani pemeriksaan medis.

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan sakit perut bawah sebelah kiri. Begini penjelasannya:

1. Ovulasi

Salah satu hal yang menyebabkan sakit perut bawah sebelah kitu adalah terjadinya ovulasi.

Kondisi yang satu ini dikenal pula sebagai masa subur, yang mana akan menimbulkan rasa sakit atau kram pada bagian perut bawah.

Gejala yang akan dirasakan apabila seseorang mengalami ovulasi biasanya ia merasakan mual. Selain itu, umumnya juga akan terjadi keputihan.

2. Penyakit Ginjal

Selain ovulasi, penyebab sakit perut bawah sebelah kiri bisa jadi menandakan adanya gangguan pada ginjal. Entah itu infeksi ginjal atau batu ginjal.

Apabila mengalami infeksi ginjal, gejala yang akan dirasakan biasanya merasa sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual, muntah, sampai nyeri di pangkal paha.

Sedangkan jika mengalami batu ginjal, gejala yang umum dirasakan yakni sering buang air kecil, merasa panas saat buang air kecil, dan terdapat darah pada urine.

3. Peradangan Pankreas

Orang yang merasakan sakit perut bawah sebelah kiri umumnya mengalami gangguan atau peradangan pada pankreas.

Gejala yang dirasakannya sendiri biasanya sakit pada perut bagian kiri atas hingga ke punggung.

Selain itu, gangguan lain yang akan dirasakan yakni timbul rasa sakit saat sedang berbaring, makan, atau minum. Lalu, gejala nya akan diikuti oleh diare, demam, perut terasa sakit saat disentuh, hingga muntah.

4. Radang Usus Besar

Umumnya saat merasakan sakit perut bawah sebelah kiri, itu artinya tubuh seseorang sedang mengalami peradangan. Salah satunya radang usus besar.

Penyakit ini bisa terjadi karena dinding saluran pencernaan mengalami peradangan.

Adapun gejala yang ditimbulkan biasanya diare, merasa lelah, badan jadi lebih kurus, sampai feses keluar darah.

Jika hal ini terjadi, biasanya rasa sakit akan hilang jika penderita sudah buang air besar.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Original Source

Topik Menarik