Loading...
Loading…
3 Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Tubuh

3 Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Tubuh

Gaya Hidup | glitzmedia.co | Senin, 18 Oktober 2021 - 08:01

Ada yang sudah pernah coba?


Sayuran yang biasanya digunakan untuk campuran sup ini mempunyai aroma yang kuat. Namun beberapa waktu belakangan ini, seledri sedang naik daun dengan dijadikan sebagai jus seledri. Tren jus seledri ini banyak dipopulerkan oleh influencer sebagai salah satu minuman kecantikan.


Lalu apakah manfaat just seledri hanya sebatas membantu meningkatkan kesehatan kulit? Menurut Danielle Zolotnitsky, ahli diet dan gizi dari Departemen Penyakit Pencernaan dan Transplantasi di Einstein Medical Center, Philadelphia, kandungan dalam seledri memang memiliki banyak manfaat seperti:


MENJAGA TUBUH AGAR TIDAK DEHIDRASI

Seledri mengandung 95 persen air dan akan menghasilkan lebih banyak air saat dijadikan jus. Cara kerja jus seledri hampir sama dengan minuman elektrolit yang membuat tubuh terasa lebih segar karena kandungan air yang banyak bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu, jus seledri juga dipercaya mengurangi insomnia dan membantu tidur menjadi lebih nyenyak.


MEMPERKUAT TULANG

Selain mengadung air, seledri juga mengandung natrium dan kalsium yang tinggi. Dua mineral ini membantu meregenerasi dan meningkatkan kekuatan tulang. Selain itu, vitamin K dalam seledri juga mempunyai peran penting dalam metabolisme tulang serta mengurangi resiko osteoporosis.


ANTI-INFLAMASI

Seledri mengandung senyawa luteolin dan polyacetylene yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan. Sehingga jus seledri dipercaya bisa mengurangi berbagai jenis peradangan dalam tubuh seperti osteoarthritis, penyakit jantung, radang sendi, asam urat, dan sebagainya.


MEMBERSIHKAN DARAH

Salah satu manfaat baik seledri adalah membantu membersihkan darah karena mengandung senyawa kumarin. Senyawa ini membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih, mengurangi tekanan daran, membantu sistem pembuluh darah, serta membersihkan racun-racun dalam darah.



(Ratih Dwiningtyas/Andiasti Ajani, foto: pexels.com/pixabay)

Original Source

Topik Menarik