Urutan Skincare Routine untuk Pagi dan Malam Hari

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:49
Urutan Skincare Routine untuk Pagi dan Malam Hari

Bisnis.com , JAKARTA Proses mengaplikasikan perawatan wajahsering kali membingungkan karena banyaknya produk yang tersedia di pasaran. Berikut urutan skincare routine untuk pagi hari dan malam hari

Seiring banyaknya informasi tentang manfaat perawatan wajah, semakin banyak wanita dan pria yang mengaplikasikan berbagai macam skincare. Meski demikian, tidak semua produk yang ada di pasaran tersebut dapat cocok dengan kondisi kulit masing-masing orang. Konsultasi ke dokter kulit sebelum menggunakan skincare bisa menjadi pilihan terbaik.

Selain konsultasi, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk mencari kandungan terbaik berbagai skincare untuk kulit wajah Anda. Lakukan riset mini sebelum mencoba produk baru dan memilih produk.

Perlu diketahui, penggunaan produk skincare tidak sama untuk pagi dan malam hari. Ini dilakukan agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa produk tidak akan bekerja maksimal di siang hari, begitu juga sebaliknya.

Aturan praktisnya, untuk menerapkan produk mulai dari tekstur yang paling cair hingga yang paling padat. Selain itu, disarankan untuk mengambil jeda 30 detik antara setiap aplikasi produk. Hal itu untuk memastikan produk meresap dengan baik.

Skincare di pagi hari bersifat sebagai nutrisi dan proteksi, sedangkan malam untuk merawat masalah kulit seperti jerawat dan bekasnya. Selain memahami urutan skincare, Anda juga perlu memerhatikan bahan bahan aktif yang terkandung dalam produk. Gunakan produk dengan kandungan retinol, hyaluronic, dan peptida pada malam hari sedangkan antioksidan dan vitamin C pada siang hari.

Berikut urutan pemakaian produk perawatan kulit atau skincare routine yang benar pada siang dan malam hari seperti dilansir dari PinkVilla, Kamis (14/10/2021).

Urutan Skincare di Pagi Hari

1. Pembersih Wajah

Mulai hari membersihkan wajah dengan sabun cuci muka untuk menyingkirkan kotoran yang terbentuk selama Anda tidur. Meskipun wajah tidak terlihat kotor di pagi hari, membersihkan wajah di pagi hari menjadi hal yang wajib untuk menghilangkan sisa produk skincare semalam.

2. Toner

Gunakan toner untuk menghidrasi kulit dan membuka sumbatan pada pori-pori wajah agar komedo dapat terangkat.

3. Serum

Gunakan serum di pagi hari untuk menutrisi dan melembapkan kulit seketika.

4. Krim Mata

Krim mata sama pentingnya dengan skincare lain. Gunakan krim mata ringan untuk menyamarkan kantung mata dan memberikan kelembapan.

5. Pelembab

Pelembab yang tepat yang dapat menjaga kulit Anda tetap lembut dan kenyal serta mencegahnya terlihat kering atau terlalu berminyak, tergantung pada jenis kulit Anda.

6. Tabir Surya

Tabir surya atau sunscreen sangat wajib digunakan untuk menghalau sinar UV dari paparan matahari. Gunakan sunscreen dengan SPF yang cukup untuk menjaga kulit dari penuaan dini dan kerusakan.

7. Make Up

Setelah melalui enam langkah tersebut, lanjutkan dengan riasan ( make up ) jika Anda ingin memakainya.

Urutan Skincare di Malam Hari

1. Pembersih

Lakukan double cleansing dengan membersihkan sisa riasan dan kotoran dengan makeup remover, baby oil, atau olive oil . Kemudian cuci muka dengan sabun cuci muka untuk menghilangkan sisa kotoran.

2. Toner

Toner dengan fungis melembapkan wajah digunakan untuk membantu mempersiapkan kulit pada perawatan selanjutnya. Wajah yang lembap akan lebih mudah menyerap bahan aktif dalam produk skincare.

3. Krim Mata

Gunakan krim mata yang lebih berat dari krim mata pagi untuk menghilangkan lingkaran hitam.

4. Spot Treatment

Spot treatment digunakan pada malam hari karena itu waktunya kulit wajah untuk beregenerasi dan memperbaiki dirinya. Spot treatment akan membantu menghilangkan noda atau jerawat.

5. Krim Malam

Tutup ritual skincare Anda dengan krim malam yang sesuai dengan kebutuhkan kulit Anda.

Artikel Asli