Pandemi Covid-19 Belum Usai, Yuk Jangan Kendor Cuci Tangan!

okezone | Gaya Hidup | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:08
Pandemi Covid-19 Belum Usai, Yuk Jangan Kendor Cuci Tangan!

SELAMA pandemi Covid-19, kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat meningkat. Frekuensi mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir pun meningkat.

Namun, setelah kasus harian Covid-19 turun karena banyaknya masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi, kebiasaan masyarakat untuk mencuci tangan pun ikut kendor.

Menurut survey John Hopkins, dalam kurun waktu periode Juni 2020 hingga Maret 2021, kebiasaan masyarakat Indonesia untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir turun sebanyak 5%.

cuci tangan

Padahal, pandemi Covid-19 belum usai, meski kasus harian terus menurun. Juga, menurut Dokter Spesialis Anak Kanya Ayu Paramastri Sp.A mengatakan, anak dan remaja lebih rentan terkena long Covid-19 jika mereka tidak menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Long Covid-19 yang muncul pada anak dan remaja sangat mengkhawatirkan. Karena menjadi pengganggu dalam pembelajaran, dan menerima informasi," tutur Dr. Kanya dalam webinar Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 2021 "Aksi C untuk Cuci Tangan Demi Masa Depan, Kamis (14/10/2021).

Padahal, sekolah akan segera menerapkan program pembelajaran tatap muka (PTM). Jika kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir kendor, maka kemungkinan akan muncul klaster baru Covid-19 sangat besar.

"Nah ini harus ditingkatkan awarenessnya untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat guna mencegah penularan penyakit dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Kesehatan jadi aspek penting untuk bisa menjalankan PTM dalam kondisi terbatas," tukas Dr. Kanya.

Artikel Asli