Gadis 16 tahun tampak seperti nenek akibat kondisi langka progeria

brilio.net | Gaya Hidup | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 13:57
Gadis 16 tahun tampak seperti nenek akibat kondisi langka progeria

Brilio.net - Mengalami kondisi langka, seorang gadis Filipina yang masih berusia 16 tahun harus menerima perubahan pada kondisi tubuhnya. Perempuan bernama Raizel Calago itu, kini menghadapi penampilannya yang tampak seperti seorang nenek-nenek. Hanya dalam kurun waktu 2 tahun, gadis itu terlihat seketika menua seperti lansia pada umumnya. Mulai dari perubahan pada wajah hingga kulitnya jauh dari kondisi seorang remaja seusianya.

Dilansir brilio.net dari OddityCentral pada Kamis (14/10), pada awalnya Raizel menemukan ruam di sekujur tubuhnya. Perubahan lain pun terjadi dengan kehadiran kerutan di wajahnya. Dengan selang waktu yang cepat, ia juga merasakan gatal yang sangat mengganggu pada tubuhnya. Tak tahan dengan kondisi itu, Raizel memeriksakan diri ke dokter. Namun saat itu ia mendapatkan penjelasan serangga yang menjadi penyebab perubahan itu.

Kondisi tersebut akhirnya membuat Raizel tampak seperti seorang nenek. Keadaan tersebut tentu membuat ia dan ibunya sangat terkejut. Sang ibu pun mengaku sedih ketika banyak orang menduga bahwa sang putri berusia lebih tua dari dirinya.

foto: YouTube/GMA Public Affairs

"Sangat menyakitkan ketika mereka memberi tahu saya bahwa putri saya terlihat lebih tua dari saya. Kadang-kadang saya membayangkan ketika dia menjadi tua dan melihat betapa cantiknya dia. Dia cantik sejak dia masih bayi, tapi sekarang wajahnya sangat jauh dari kecantikannya ketika masih muda," begitu cerita Joela, ibunda Raizel.

Perasaan yang sama juga dialami Raizel. Remaja tersebut tak memungkiri bahwa ia merasa malu untuk bertemu temannya. Ia memilih untuk selalu menggunakan untuk masker dan menutupi penampilannya setiap beraktivitas di luar rumah. Gadis itu masih berharap penampilannya dapat kembali seperti beberapa tahun yang lalu.

"Mereka bertanya kepada saya mengapa penampilan saya semakin tua. Saya tidak menjawabnya karena saya juga tidak tahu apa yang terjadi," kata Raizel, kepada GMA Network.

"Saya selalu berdoa agar saya menjadi lebih baik dan kulit serta penampilan saya yang lama akan kembali agar saya bisa berkumpul dengan teman-temanku lagi. Saya sekarang tidak bisa karena malu," lanjutnya.

foto: YouTube/GMA Public Affairs

Raizel yang berkesempatan tampil di acara TV Kapuso Mo, dibawa oleh Jessica Soho dan tim produksi ke ahli endokrinologi, Dr James Young. Dari hasil pemeriksaan, dokter mendiagnosis kondisi awal yang dialami Raizel adalah progeria, kondisi langka yang menyebabkan kerutan atau penuaan pada kulit. Keadaan tersebut juga dapat mengakibatkan pertumbuhan terhambat dan meningkatkan risiko mengalami serangan jantung, gagal jantung dan stroke.

Akan tetapi, perubahan fisik yang terjadi akibat progeria tak bisa diubah. Sehingga dokter saat ini fokus melakukan pencegahan masalah kardiovaskular, mengobati osteoporosis dan masalah persendian, dua efek samping paling umum dari progeria. Menghadapi kondisi yang dialami Raizel, orangtuanya pun akhirnya membuka donasi. Sebab diketahui keluarga Raizel terkendala permasalahan biaya dalam proses perawatan putrinya.

Lihat disini

Artikel Asli