6 Kombinasi Makanan yang Buruk Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi secara Bersamaan, Waduh Bisa Berakibat Fatal Nih!

herstory | Gaya Hidup | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 12:15
6 Kombinasi Makanan yang Buruk Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi secara Bersamaan, Waduh Bisa Berakibat Fatal Nih!

Menggabungkan makanan tertentu adalah salah satu cara yang bisa menambah cita rasa makanan. Tetapi, sebenarnya mengombinasikan makanan tertentu bisa berbahaya bagi kesehatan lho.

Hal ini disebabkan karena setiap makanan membutuhkan lingkungan pencernaan yang berbeda dan sebaiknya dimakan secara terpisah. Banyak orang yang terbiasa mengonsumsi makanan yang dikombinasikan, seperti keju dengan daging, buah-buahan dalam salad, susu dengan buah, dan lain-lain.

Tapi ternyata kombinasi makanan ini berbahaya, yang telah dibuktikan oleh para ilmuwan dan ahli kesehatan. Beberapa kombinasi makanan bahkan seringkali membuat tubuh merasa kembung, berat dan lesu.

Kombinasi makanan yang buruk dapat menyebabkan masalah yang lebih parah, seperti bau mulut, kulit kering, ruam, peradangan kronis, kurang tidur, energi rendah dan masalah pencernaan kronis. Pasalnya beberapa makanan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan beberapa makanan bergerak melalui tubuh dengan relatif cepat. Itulah mengapa Anda harus memahami pasangan makanan yang tepat untuk digabungkan.

Dilansir dari Boldsky (14/10/2021) berikut adalah daftar 6 kombinasi makanan yang buruk bagi kesehatan sehingga harus dihindari:

1. Dua Makanan Protein Tinggi

Makan bacon dan telur atau ayam dan kambing dengan telur akan memakan waktu lama untuk dicerna di perut. Karena kedua kombinasi makanan tersebut tinggi protein. Ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut karena membutuhkan waktu untuk diproses.

2. Karbohidrat dan Protein

Kombinasi makanan karbohidrat dengan makanan berprotein akan menyebabkan gas dan perut kembung. Konsumsi kombinasi makanan ini akan membutuhkan waktu untuk dicerna; misalnya makan nasi dengan kentang. Alih-alih memilih protein atau pati dengan sayuran non-tepung.

3. Buah Setelah Makan Berat

Buah-buahan tak cocok dikombinasikan dengan makanan lain. Hal ini karena buah-buahan mengandung gula sederhana yang tak memerlukan pencernaan dan tak akan bertahan lama di perut.

Makanan kaya lemak, protein dan pati akan membutuhkan waktu untuk dicerna dan makan buah-buahan setelah makan akan bertahan terlalu lama di perut dan berfermentasi.

4. Makanan Berat dengan Jus/Air

Minum jus buah dengan makanan berat adalah salah satu kombinasi makanan yang paling 'beracun'. Itu karena air mengencerkan asam lambung Anda dan mengurangi efektivitasnya dalam memecah protein, karbohidrat, dan lemak. Jadi, minumlah air 10 menit setelah Anda selesai makan.

5. Tomat dengan Saus Pasta Keju

Tomat bersifat asam dan tidak disarankan untuk dicampur dengan karbohidrat bertepung seperti pasta. Hindari mencampur karbohidrat dengan asam, karena dapat mengganggu sistem pencernaan Anda, membuat Anda lelah.

6. Buah dengan Yogurt

Mencampur buah asam dengan yogurt adalah kombinasi makanan yang buruk dan harus dihindari. Kombinasi makanan ini bila dikonsumsi akan menghasilkan racun dan menyebabkan sinus tersumbat, pilek, batuk dan alergi. Sebagai gantinya, tambahkan kismis, madu, atau kayu manis ke dalam yogurt Anda.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli