Rumah-Rumah Seharga Sebungkus Nasi Padang, Mau Beli?

jatimtimes.com | Gaya Hidup | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 12:07
Rumah-Rumah Seharga Sebungkus Nasi Padang, Mau Beli?

JATIMTIMES - Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk kita bisa tinggal dan berlindung. Saat ini, harga beli rumah juga sangat mahal. Bisa mencapai ratusan juga bahkan miliaran.

Namun tidak dengan rumah yang berada di sebuah kota di Kroasia yang menjual rumah-rumah kosong yang ditinggalkan penduduk.

Bahkan, harga rumah di sana sangat murah yakni hanya 1 Kuna atau setara Rp 2.300. Namun, untuk mendapatkan harga itu tentu ada syaratnya.

Kota di Kroasia yang dimaksud yakni Legrad. Jaraknya sekitar 118 km dari Zagreb, ibu kota Kroasia. Dari Zagreb ke Legrad bisa ditempuh dengan perjalanan darat naik mobil selama 1,5 jam.

rumah 2

Kota Legrad saat ini sedang mencari penghuni. Rumah-rumah di sana sedang dijual murah.

Untuk bisa membeli rumah murah itu, calon pembeli harus memenuhi beberapa syarat. Syaratnya adalah sebagai berikut:

1. Berusia di bawah 40 Tahun
2. Harus memiliki pekerjaan tetap
3. Bersedia tinggal di kota Legrad selama 15 tahun

Jika sudah memenuhi syarat-syarat itu, calon pembeli silakan menghubungi otoritas setempat. Terdapat sekitar 19 rumah tersedia yang bisa ditebus dengan harga murah.

Karena harganya murah, jangan berharap kalian akan mendapat rumah yang mewah ya. Beberapa rumah kondisinya memang seadanya.

Wajar, karena rumah itu sudah ditinggalkan lama oleh penghuni sebelumnya. Ada rumah-rumah yang cuma butuh perbaikan kecil.

Namun ada juga yang tidak memiliki jendela bahkan pintu. Tapi tenang saja, pihak pemerintah kota Legrad menyediakan dana renovasi sebesar 25.000 Kuna atau sekitar Rp 57 jutaan untuk merenovasi rumah tersebut.

Kota Legrad yang ada di perbatasan Hungaria itu dulunya pernah dipadati penduduk. Namun saat ini jumlah penduduknya menurun drastis, hanya tinggal 2.250 orang saja.

Cara itu diharapkan bisa menarik masyarakat untuk pindah ke Legrad dan menambah populasi manusia di kota ini.

"Kota kami berubah menjadi kota perbatasan dengan beberapa moda transportasi untuk pergi ke tempat lainnya. Sejak saat itu, populasi penduduk di kota ini semakin menurun," ujar Ivan Sabolic, Walikota Legrad di Kroasia.

Selain di Legrad, terdapat pula rumah yang dijual murah yakni di Kota Biccari, Italia. Di kota itu banyak rumah-rumah jadul yang dijual dengan harga sangat murah.

RUMAH

Sama seperti di Legrad, rumah-rumah di Biccari juga ditinggalkan oleh penghuninya. Rumah-rumah tersebut dibanderol harga 1 euro atau setara dengan Rp 16 ribu.

Bisa dibilang harga itu tak jauh beda dengan sepiring nasi padang. Banyak, tanda-tanda untuk dijual atau disewakan yang terpasang di rumah-rumah tersebut.

Siapa pun boleh membeli rumah itu dengan syarat memberikan jaminan sebesar 3 ribu euro. Namun, tak perlu khawatir, uang itu akan dikembalikan setelah renovasi selesai yang diperkirakan akan digarap dalam waktu 3 tahun.

rumah 1

Skema itu dilakukan untuk menarik warga baru dan investasi baru, dengan peluang kerja bagi teknisi dan usaha lokal. Selain itu, rumah yang dijual murah juga akan bermanfaat bagi mereka yang berusaha meringankan beban pajak dan pemeliharaan sebuah rumah tua yang tak digunakan selama bertahun-tahun.

Artikel Asli