Camilan Teman Minum Kopi Masyarakat Indonesia. Mana Favorit Kamu?

journal.sociolla.com | Gaya Hidup | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 12:40
Camilan Teman Minum Kopi Masyarakat Indonesia. Mana Favorit Kamu?

Di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Korea, dan negara-negara Eropa, kopi biasa disajikan bersama kue-kue manis seperti donat, waffle, maupun roti. Croissant menjadi camilan teman minum kopi yang khas bagi masyarakat di Argentina. Di negara Jepang, Cheesecake menjadi kue yang biasa menemani secangkir kopi.

Di Indonesia, budaya minum kopi sudah hadir sejak Belanda membawa bibit kopi masuk ke Nusantara. Bagi orang pribumi, budaya minum kopi jauh lebih sederhana dibandingkan para bangsawan Belanda. Namun, camilan teman minum kopi yang populer bagi masyarakat Indonesia juga enggak kalah unik, lho! Apa saja sih camilan yang biasanya dinikmati orang Indonesia ketika minum kopi?

Donat Kampung

camilan teman minum kopi

Jika kue donat ala barat biasanya memiliki topping yang beragam dan dipanggang, donat kampung tidak kalah nikmat disandingkan dengan segelas kopi pahit. Donat kampung khas Indonesia cukup sederhana, adonannya digoreng serta taburannya hanya gula bubuk. Kendati demikian, rasa manis yang tidak dominan dijamin tidak akan mengurangi nikmatnya segelas kopi yang kamu minum.

Roti bakar

camilan teman minum kopi

Roti bakar merupakan camilan manis yang umum ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Isiannya juga cukup beragam, mulai dari selai buah, cokelat, dan keju. Di kedai-kedai kopi umumnya roti bakar yang disajikan berupa roti tawar yang dibakar dan diberi isian manis tersebut. Rasa manis dan sedikit gosong dari roti bakar menjadi perpaduan yang tepat bagi kamu yang suka kopi tanpa gula.

Kacang

camilan teman minum kopi

Tak hanya makanan manis saja, camilan gurih juga enggak kalah menarik dan nikmat untuk teman minum kopi. Berbagai olahan kacang, mulai dari yang direbus, dipanggang hingga digoreng juga banyak diminati masyarakat Indonesia dari berbagai daerah, khususnya di Jawa. Menyeruput kopi sambil ngemil kacang untuk teman ngobrol di angkringan jadi pemandangan yang mudah kamu temukan di daerah seperti Yogyakarta, Solo, hingga berbagai daerah di Jawa Timur.

Ketela goreng

camilan teman minum kopi

Ketela goreng merupakan salah satu camilan khas Indonesia yang sekarang cukup mudah ditemukan di kedai-kedai kopi. Tidak hanya murah dan nikmat, singkong goreng bisa menjadi camilan yang tepat dinikmati bersama kopi. Makanan yang cukup mengenyangkan ini bisa memberikan perlindungan pada lambung agar aman ketika minum kopi. Saat ini singkong goreng bisa kamu temukan dalam berbagai variasi seperti singkong keju maupun disajikan dengan cocolan cokelat. Budaya meminum kopi bersama ketela ini sudah lahir sejak lama sebab ketela merupakan bahan pangan yang mudah ditemukan, terutama bagi para petani kopi.

Jadah

camilan teman minum kopi

Bila kamu berkunjung ke kedai-kedai kopi di Jogja, jadah menjadi salah satu menu pendamping yang patut di coba. Makanan yang terbuat dari ketan yang satu ini cukup menarik karena bisa disajikan sebagai kudapan manis dengan taburan gula merah, ataupun sebagai sajian gurih dan dilengkapi tempe bacem yang manis dan gurih. Sajian ini cocok bagi kamu yang suka minum kopi di sore hari sembari menikmati senja.

Artikel Asli