7 Tempat Wisata di Lumajang Harus Dikunjungi, Nomor 4 Konon Jadi Tempat Tinggal Para Dewa

Gaya Hidup | inewsid | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:32
7 Tempat Wisata di Lumajang Harus Dikunjungi, Nomor 4 Konon Jadi Tempat Tinggal Para Dewa

LUMAJANG, iNews.id - Lumajang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata. Tempat wisata di Lumajang sebagian besar berupa objek keindahan alam. Di daerah ini juga terdapat tiga gunung berapi yaitu gunung Bromo, Lemongan, dan Semeru.

Tak hanya keindahan gunung, tempat wisata di Lumajang juga banyak pilihan mulai dari air terjun dan danau menjadi salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan. Apa saja kira-kira tempat wisata di Lumajang yang harus dikunjungi?

Berikut ini 7 tempat wisata di Lumajang yang bisa jadi pilihan Anda:

1. Pemandian Alam Selokambang

Objek wisata ini cocok bagi Anda yang hobi berenang dengan pemandangan alam yang menyejukkan. Pemandian Alam Selokambang berada di dekat pusat kota Lumajang, yakni hanya sekitar 5 km saja. Pemandian ini jangan sampai terlewat karena selain menikmati sejuknya air dan panorama, Anda akan menjumpai wahana flying fox dan menaiki perahu untuk mengelilingi danau. Wisata pemandian ini cocok untuk didatangi semua kalangan mulai dari anak-anak hinga dewasa, sebab ada kolam pemandian khusus sesuai dengan usia pengunjung.

Tempat wisata di Lumajang yang wajib dikunjungi para pencinta alam. (Foto: Instagram)
Tempat wisata di Lumajang yang wajib dikunjungi para pencinta alam. (Foto: Instagram)

2. Pantai Bambang Lumajang

Terletak di Desa Bago, Kecamatan Pasirian, nama pantai yang satu ini sangat menarik karena seperti nama untuk mas-mas. Pantai Bambang menjadi salah satu destinasi yang tidak boleh terlewatkan dalam daftar tempat wisata yang akan dikunjungi. Ciri khas dari pantai ini yaitu memiliki pasir yang berbeda dari kebanyakan pantai, yaitu pasirnya berwarna hitam. Selain itu, pantai ini juga mempunya ukuran butir pasir yang lebih besar dari pasir biasanya. Pantai Bambang berasal dari aliran Gunung Bromo yang mengikuti aliran lava atau sungai. Di pantai ini, Anda akan disuguhkan panorama ombak berlapis yang dapat mencapai ketinggian 3 meter.

3. Candi Mandara Giri

Jika Anda penyuka objek wisata bersejarah, Candi Mandara Giri tidak boleh sampai terlewatkan. Destinasi wisata candi ini berada di Kecamatan Sendoro, sekitar 25 km dari pusat kota Lumajang bagian barat. Tak hanya menawarkan keindahan candi, objek wisata ini juga menjadi sarana edukasi bagi pelajar. Candi ini berdiri pada sekitar tahun 1991 dan memiliki pemandangan estetik. Di belakang bangunan puranya, akan dijumpai pemandangan Gunung Semeru. Candi ini juga mengadopsi gaya arsitektur pura di Bali, yaitu gaya arsitektur Majapahit. Sehingga sangat menarik untuk dikunjungi sekaligus untuk belajar sejarah bagi Anda para pecinta objek sejarah.


4. Gunung Semeru

Bagi Anda penyuka olahraga mendaki, cocok sekali untuk mencoba menaklukkan Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Wisatawan bisa menikmati perjalanan pendakian menuju puncak Semeru dari Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung yang memiliki kisah mitos tempat tinggal para dewa ini memiliki kawah aktif yang setiap 20 menitnya mengeluarkan abu vulkanik berwarna hitam dan pasir. Objek wisata ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Tempat wisata di Lumajang yang wajib dikunjungi para pencinta alam. (foto: Instagram)
Tempat wisata di Lumajang yang wajib dikunjungi para pencinta alam. (foto: Instagram)

5. Danau Ranu Kumbolo

Ini dia salah satu danau terkenal yang ada di Lumajang. Supaya mencapai lokasi ini, Anda harus mendaki Semeru terlebih dahulu. Walaupun harus melalui perjalanan yang melelahkan, pemandangan anggun yang ada di Danau Ranu Kumbolo akan membayar rasa lelah Anda. Danau ini berada di lereng Gunung Semeru serta menjadi tempat untuk mengambil air terakhir sebelum melanjutkan pendakian ke puncak Semeru.

6. Air Terjun Coban Sewu

Tempat wisata di Lumajang yang juga wajib dikunjungi adalah air terjun Coban Sewu. Di sini dapat dijumpai tebing-tebing yang teraliri air terjun indah yang seperti membentuk tirai. Udaranya yang segar akan membuat Anda berlama-lama di tempat ini. Lokasinya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

7. Kebun Teh Kertowono Gucialit

Jika Anda ingin menikmati suasana sejuk nan segar, tempat ini cocok untuk didatangi. Kebuh teh Kertowono Gucialit menawarkan pemandangan kebuh teh yang sejuk dan bersih. Kebun teh ini menjadi salah satu spot wisata yang indah untuk berswafoto. Berada di Desa Gucialit, kebun teh ini lumayan jauh dari pusat kota yaitu berjarak sekitar 45 km. Anda akan merasakan suhu sedingin 16 derajat celcius, oleh karena itu jangan lupa mengenakan pakaian tebal saat anda kemari.

Tempat wisata di Lumajang yang wajib dikunjungi para pencinta alam. (foto: Instagram)
Tempat wisata di Lumajang yang wajib dikunjungi para pencinta alam. (foto: Instagram)

Wah ternyata sangat menarik sekali ketujuh tempat wisata di Lumajang yang harus dikunjungi. Semoga bermanfaat untuk menjadi referensi tempat wisata bagi Anda yang sedang berkunjung ke Lumajang. Tertarik untuk mengunjungi yang mana dulu?

Artikel Asli