5 Situs Kursus Online Untuk Meningkatkan Skill, Cocok Bagi Mahasiswa!

yunoya.id | Gaya Hidup | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:30
5 Situs Kursus Online Untuk Meningkatkan Skill, Cocok Bagi Mahasiswa!

Minimnya kegiatan di luar ruangan akibat pandemi mengakibatkan mahasiswa menjadi lebih sering menghabiskan waktu untuk online . Hampir semua kegiatan sehari-hari dilakukan dengan berbasis online , salah satunya kegiatan belajar yang kini melibatkan situs kursus online .

Banyaknya keterbatasan akibat pandemi mendorong untuk kita berpikir kreatif agar dapat selalu menambah wawasan dan pengetahuan. Terlebih, sebagai mahasiswa seringkali kita dituntut untuk terus mengembangkan keterampilan sebagai bekal kehidupan kerja nantinya.

Untuk mewadahi mahasiswa agar dapat tetap produktif selama kuliah online , beberapa platform pembelajaran online menyediakan kursus online untuk menambah skill dan pengetahuan serta memperkaya resume mahasiswa. Berikut adalah 5 situs kursus online bersertifikat terfavorit yang dapat kamu ikuti.

1. Coursera

situs kursus online

Untuk kamu yang suka mengeksplor hal-hal baru akan sangat cocok dengan situs kursus online yang satu ini. Pasalnya, dalam website ini menyediakan ribuan jenis kursus dari berbagai bidang.

Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap, seperti tenaga pengajar berpengalaman dan berlatar belakang pendidikan universitas terbaik di dunia, materi berupa video rekaman pengajar, bahkan dibuka forum diskusi kelas.

Seperti kursus pada umumnya, di Coursera kamu akan mendapat tugas dan ujian di akhir untuk mengukur efektivitas proses kursus online .

Setelah selesai mengikuti rangkaian kursus dalam waktu yang telah ditentukan, maka kamu berhak untuk mendapat sertifikat kursus setelah purchase sesuai jumlah yang telah ditentukan. Atau jika hanya mengikuti kursus online tanpa sertifikat maka tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

2. IndonesiaX

situs kursus online

Situs kursus online yang dibuat oleh anak negeri ini bekerjasama dengan beberapa institusi pendidikan terkemuka seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, ITB, ITS, serta instansi non pendidikan seperti Bank Negara Indonesia (BNI) dan NET TV.

Di IndonesiaX kamu bisa ikut webinar maupun kursus online bersertifikat dari perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, seperti tokopedia, shopee, gojek, dll.

Sama dengan situs kursus online sebelumnya, di IndonesiaX kamu akan mendapat sertifikat kursus apabila telah membayar nominal yang telah ditentukan di awal.

3. Udemy

Merupakan situs kursus online asal Amerika Serikat yang telah berdiri sejak 2010. Udemy telah memiliki lebih dari 50 juta pengguna dan lebih dari 57 juta instruktur kursus profesional dari seluruh dunia.

Situs kursus online ini menyediakan kursus keterampilan khusus bidang desain grafis. Di sini akan diajarkan dari yang paling dasar seperti pembuatan logo, desain karakter, melukis digital , dll.

Jika kamu ingin mengikuti kelas profesional seperti kelas pembuatan UI/UX, game development , bahkan pembuatan software , Udemy juga menyediakannya.

Untuk dapat mempelajari materi di Udemy, peserta kursus online harus membayar kelas terlebih dahulu sekitar 10 US dollar atau sekitar Rp 140.000.

4. RevoU

RevoU adalah situs kursus online yang menyediakan kelas gratis maupun berbayar yang berfokus pada kursus digital marketing .

Metode pembelajaran yang digunakan cukup unik, yakni kamu harus mengikuti kelas yang telah dijadwalkan melalui Youtube Live dalam durasi 2 jam. Untuk kamu yang tidak dapat mengikuti kelas secara live , video materi dapat kamu tonton dalam jangka waktu tertentu.

Untuk sertifikasi, kamu dapat mengikuti ujian di akhir periode dan harus lulus passing grade yang telah ditentukan.

Selain kursus online yang terjadwal, RevoU juga sering mengadakan kelas kursus bersertifikat gratis yang dilakukan selama tujuh hari berturut-turut.

5. FutureLearn

situs kursus online

FutureLearn adalah situs kursus online yang menyediakan berbagai macam topik seperti pengolahan data, manajemen, bisnis, pengolahan sosial media, keuangan, marketing, programming , dll.

Kamu dapat mengikuti kursus dengan mempelajari materi yang disajikan dengan berbagai media mulai dari artikel, video rekaman, maupun kuis. Penyedia layanan juga menyediakan kolom chat untuk berdiskusi dengan peserta kursus lainnya.

Situs kursus online ini bersifat fleksibel, sehingga kamu dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Kamu akan mendapat sertifikat setelah mengikuti kursus minimal 90% dari durasi yang telah ditetapkan.

Jadi, setelah membaca artikel di atas kamu tertarik ikut kursus online yang mana, nih ?


Artikel Asli