Sering Alami Nyeri di Wajah? Jangan-Jangan Anda Kena Trigeminal

okezone | Gaya Hidup | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:45
Sering Alami Nyeri di Wajah? Jangan-Jangan Anda Kena Trigeminal

KETIKA Anda mengalami nyeri wajah sebelah atau trigeminal neuralgia, jangan diabaikan. Gejalanya memang samar, namun Anda perlu mengetahui lebih dini agar tak timbul bahaya.

Seseorang yang mengalami nyeri wajah sebelah rasanya seperti tertusuk jarum, panas terbakar, kesetrum, tersayat-sayat, dan berbagai rasa nyeri menyiksa lainnya. Sakitnya digambarkan sangat luar biasa, sehingga seseorang tak mampu beraktivitas.

Dijelaskan Spesialis Bedah dr Mustaqim Prasetya, SpBS, FINPS dari Klinik Utama Dr Indrajana, neuralgia adalah gangguan rasa sakit yang muncul akibat adanya masalah atau kerusakan sinyal saraf di sistem persarafan. Semua bagian tubuh bisa mengalami neuralgia dan dapat menyebabkan nyeri ringan hingga berat.

Nyeri

Adapun trigeminal merupakan saraf kranial kelima. Saraf ini seperti namanya, tri memiliki tiga cabang. Ketiga cabang itu ada yang mempersarafi area mata sekitarnya, yakni oftalmikus. Kemudian, ada yang mempersarafi pipi, bibir atas, hidung, rongga mulut merupakan cabang maksilaris. Cabang yang ketiga yakni mandibularis yang mempersarafi otot pengunyah.

"Karakter nyeri trigeminal neuralgia ini biasanya hanya terjadi pada satu sisi wajah saja, sehingga dikenal dengan istilah nyeri wajah sebelah. Nyeri terjadi bisa pada satu cabang atau lebih," ujarnya dalam acara virtual International Trigeminal Neuralgia Awareness Day.

Dokter Mustaqim menerangkan, bila saraf trigeminus tertekan atau bergesekan dengan pembuluh darah yang ada di dekatnya, terjadilah nyeri wajah sebelah ini. Setiap kali pembuluh darah berdenyut, saraf akan tertekan dan inilah pemicu nyeri yang paling hebat.

"Gesekan atau tekanan terus-menerus ini lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan lapisan myelin yang berfungsi sebagai mantel pelindung saraf. Bila lapisan pelindung ini rusak maka cetusan arus listrik pun bisa muncul sehingga penderita akan merasakan nyeri yang tertusuk, kesetrum, terbakar, tersayat," paparnya.

Artikel Asli