Khusus Penderita Diabetes, Ini 3 Menu Sarapan yang Direkomendasikan untuk Kontrol Gula Darahmu

herstory | Gaya Hidup | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 08:12
Khusus Penderita Diabetes, Ini 3 Menu Sarapan yang Direkomendasikan untuk Kontrol Gula Darahmu

Diabetes jadi salah satu penyakit kronis yang mengancam nyawa jika tak diatasi dengan serius. Pasalnya penyakit ini berlangsung dalam jangka panjang atau seumur hidup.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengelola kadar gula darah apabila sudah didiagnosis menderita diabetes. Cara yang paling manjur untuk mengontrol gula darah adalah dengan menjaga asupan makanan, termasuk menu sarapan.

Kini penderita diabetes sudah enggak perlu bingung lagi, berikut ini beberapa rekomendasi menu sarapan yang bisa kontrol gula darahmu. Penasaran apa saja? Simak ulasan berikut ini ya!

1. Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik untuk semua orang, termasuk diabetesi. Satu telur besar mengandung sekitar 1/2 gram karbohidrat sehingga mungkin tidak melonjakkan kadar gula darah.

Makan 2 telur diklaim membantu mengurangi gula darah puasa dan HbA1c. Bila bosan makan telur rebus, Anda bisa mengkreasikan telur menjadi telur goreng, orak-arik, atau telur dadar dengan campuran sayur.

2. Greek yogurt dan buah beri

Selain telur, menu makanan ramah untuk diabetesi lainnya yakni kombinasi greek yogurt dengan buah beri. Pilihan ini cukup mudah dan bergizi karena mengonsumsi produk susu dapat membantu menjaga gula darah terkendali.

Ada kemungkinan manfaat tersebut diperoleh karena kandungan probiotik pada yoghurt membantu tubuh memecah gula. Mengingat menu sarapan ini rendah kalori, cobalah menambahkan satu sendok makan kacang yang dihancurkan dan sumber lemak sehat lainnya.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan sarapan rendah karbohidrat yang tinggi protein, serta lemak yang sehat untuk mengontrol diabetes.

3. Roti panggang dengan alpukat

Bagi Anda yang tidak bisa melewatkan sarapan tanpa mengonsumsi roti, roti panggang dengan alpukat menjadi pilihan yang tepat.

Menu sarapan untuk diabetesi ini terbilang cukup mudah dan bergizi. Alpukat mengandung serat dan asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu mencegah kadar gula darah naik.

Di lain sisi, roti panggang dengan gandum utuh pun menawarkan kandungan serat yang tinggi pula.

Jika diperlukan, tambahkan telur rebus sebagai sumber protein dan lemak sehat, serta garam dan merica untuk menambah rasa.



Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli