Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi, 5 Menu Sarapan Ini Harus Kamu Coba Ya!

herstory | Gaya Hidup | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 07:35
Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi, 5 Menu Sarapan Ini Harus Kamu Coba Ya!

Penyakit kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh gaya hidup dan juga pola makan yang enggak sehat. Kalau enggak ditangani dengan benar, kolesterol yang tinggi bisa jadi pemicu penyakit lainnya.

Para penderita kolesterol harus memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, termasuk menu sarapan. Pilihlah menu sarapan yang aman untukmu. Sudah tahu belum?

Melansir dari berbagai sumber (14/10/2021), berikut ini beberapa menu sarapan yang bisa kamu coba untuk menurunkan kolesterol dan aman dikonsumsi. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Roti panggang alpukat

Roti panggang dengan alpukat ternyata bisa menjadi makanan yang rendah kolesterol. Alpukat juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kalau kamu bosan mengonsumsi alpukat dengan cara dijus, maka menjadikannya toping pada sepotong roti gandum adalah solusinya. Dicoba, ya!

Orak-arik putih telur

Bagian putih telur enggak tinggi kolesterol seperti kuning telur. Makanya, putih telur bisa kamu olah untuk menu sarapan di pagi hari, seperti membuat orak-arik.

Kamu juga bisa menambahkan cacahan bayam yang kaya akan serat dan bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kamu juga bisa tambahkan sayuran lainnya.

Oatmeal

Semangkuk oatmeal mengandung lima gram serat makanan. Serat larut tersebut dapat menyerap kolesterol jahat di saluran pencernaan dan membantunya keluar dari tubuhmu.

Itulah alasan mengapa sarapan dengan oatmeal aman untuk para penderita kolesterol tinggi. Selain itu, oat juga makanan yang terbukti baik untuk kesehatan jantung.

Susu almond

Susu almond juga bisa menjadi pilihan sarapan untuk para penderita kolesterol tinggi. Sebab, susu almond mengandung lemak sehat, serat, magnesium, dan vitamin.

Jus jeruk

Jus jeruk bisa menjadi salah satu menu sarapan untukmu. Pasalnya, buah jeruk memiliki kandungan kaya akan vitamin C. Pada beberapa brand jus jeruk kemasan biasanya menambahkan sterol dan stanol tanaman.

Menambahkan dua gram sterol dan stanol ke dalam menu sarapan ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuhmu.

Nah, itulah beberapa menu sarapan yang bisa kamu coba untuk menurunkan kolesterol tinggi. Catat, ya!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli