Loading...
Loading…
Bukannya Bersih dan Sehat, Terlalu Keras Menyikat Gigi Justru Bisa Picu Masalah Kesehatan!

Bukannya Bersih dan Sehat, Terlalu Keras Menyikat Gigi Justru Bisa Picu Masalah Kesehatan!

Gaya Hidup | herstory | Senin, 11 Oktober 2021 - 13:00

Menyikat gigi sudah menjadi kewajiban yang harus selalu dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Gigi yang bersih dan sehat tentunya dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan gigi seperti sakit gigi, gigi berlubang, menghilangkan bau mulut, dan mencegah gigi sensitif.

Dokter gigi sejatinya menganjurkan untuk menyikat gigi 2 kali sehari yakni pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Namun, meskipun sudah menjadi rutinitas yang berlangsung sejak kecil, masih banyak yang melakukan kesalahan saat menyikat gigi. Salah satunya dengan menyikatnya terlalu keras.

Alih-alih membersihkan gigi dari sisa kotoran makanan, terlalu keras dalam menyikat gigi justru dapat menimbulkan masalah kesehatan gigi.

Diantaranya meliputi jaringan gusi stres berat, gusi turun dan longgar, bahkan bisa memperlihatkan sebagian dari akar gigi.

Selain itu, menyikat gigi terlalu keras dapat membuat gigi menjadi sensitif lantaran gesekan tersebut bisa mengikis lapisan enamel atau pelindung gigi.

Enggak sampai disitu aja, bukannya membersihkan gigi dan mulut dari sisa kotoran, ternyata beberapa kebiasaan ini merupakan cara yang salah.

Melansir dari berbagai sumber (11/10/2021), berikut diantaranya. Catat dan jangan dilakukan lagi ya, Beauty!

Segera Menyikat Gigi Setelah Makan

Alih-alih membuat gigi bersih dan bebas bau mulut setelah makan, menyikat gigi langsung setelah mengonsumsi makanan dan minuman asam justru bisa merusak gigi karena senyawa asam tersebut bisa melemahkan enamel gigi.

Sebaiknya berikan jeda selama 30 menit setelah makan untuk menyikat gigi. Sebaliknya jika sehabis mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula dan karbohidrat sebaiknya segera menyikat gigi setelah makan.

Terburu-buru dan Asal-asalan

Menyikat gigi memiliki teknik dengan cara gerakan sapuan pendek dan memutar. Bukan lurus dan bolak-balik seperti menyetrika pakaian karena kurang optimal dalam membersihkan gigi.

Selain itu, idealnya dalam menyikat gigi yakni sekitar 30 detik untuk setiap bagian yang jika ditotalkan yakni sekitar 2 menit. Jika dibawah dari waktu tersebut, bisa dipastikan masih ada sisa makanan yang menyangkut di sela gigi dan gusi.

Jika dibiarkan bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak dan berujung pada masalah gigi seperti gigi berlubang, plak, dan bau mulut.

Langsung Berkumur

Tentunya tak nyaman jika mendapati mulut penuh busa setelah sikat gigi. Namun jika langsung dibilas justru bisa menurunkan efektivitas dari pasta gigi.

Jika terdapat kelebihan busa pada mulut, sebaiknya ludahkan terlebih dulu dan biarkan sisa busa beberapa saat sebelum membilasnya dengan air.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Original Source

Topik Menarik