Hari Kesehatan Mental Sedunia: 4 Tanda Gangguan Kecemasan

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 19:55
Hari Kesehatan Mental Sedunia: 4 Tanda Gangguan Kecemasan

Bisnis.com , JAKARTA - Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran serta pentingnya menjaga kesehatan mental secara serius. Simak 4 tanda Anda mengalami kecemasan.

Peringatakan Hari Kesehatan Mental Sedunia ketika orang didorong untuk mendiskusikan masalah kesehatan mental mereka dan solusinya. Perlu diingat, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik Anda.

Masalah kesehatan mental yang sangat umum, yaitu gangguan kecemasan. Ketika seseorang menderita kecemasan, biasanya mereka merasa gelisah.

Apakah Anda merasa cemas untuk beberapa waktu, tetapi tidak yakin menderita gangguan kecemasan? Simak 4 tanda Anda mungkin mengalami gangguan kecemasan seperti dilansir dari PinkVilla, Minggu (10/10/2021).

1. Merasa Khawatir

Tanda kecemasan yang sangat umum adalah merasa khawatir secara terus-menerus. Sebagian besar dari kita sering khawatir tentang hal-hal yang berbeda. Namun, jika kekhawatiran sudah mengganggu kehidupan sehari-hari dan tidak membuat fokus, maka Anda perlu mewaspadainya.

2. Perasaan Gelisah

Gejala umum lain dari kecemasan, yaitu perasaan gelisah yang konstan. Merasa gelisah dapat menyebabkan telapak tangan berkeringat, tangan gemetar, mulut kering, dan denyut nadi berdebar kencang. Rasa gelisah tersebut terkadang juga dapat meningkatkan detak jantung Anda.

3. Kelelahan

Kelelahan sebagian besar terkait dengan depresi. Namun, kelelahan juga bisa menjadi tanda umum kecemasan. Kelelahan ini bisa jadi akibat dari otot yang tegang terus-menerus dan insomnia yang bisa disebabkan karena kecemasan.

4. Merasa Tegang

Tanda lain yang dapat memberi tahu Anda jika Anda menderita kecemasan, yaitu merasa tegang. Jika Anda terus-menerus merasa tegang dan tidak dapat berkonsentrasi atau fokus pada tugas harian, kemungkinan besar Anda menderita kecemasan.

Artikel Asli