3 Minuman untuk Cegah Risiko Serangan Jantung

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 19:43
3 Minuman untuk Cegah Risiko Serangan Jantung

Bisnis.com, JAKARTA -Gejala serangan Jantung termasuk nyeri dada, sesak napas dan mual. Gejala-gejala ini sering muncul entah dari mana dan bahayanya bisa mengancam jiwa.

Selain gaya hidup sehat dan makanan sehat, ternyata 3 minuman berikut bisa menekan risiko serangan jantung, bahkan disebutkan bisa membuat jantungmu lebih sehat.

Berikut 3 minuman tersebut dilansir dari Express :

1. Kopi

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Circulation, konsumsi kopi jangka panjang dan dampaknya terhadap penyakit kardiovaskular diselidiki.

Studi ini mencari percobaan prospektif tentang hubungan antara konsumsi kopi dan risiko penyakit kardiovaskular (CVD).

Tiga puluh enam studi dimasukkan dengan 1.279.804 peserta dan 36.352 kasus CVD.

Studi ini menemukan hubungan non-linier antara konsumsi kopi dan risiko CVD.

Disimpulkan bahwa konsumsi kopi moderat berbanding terbalik secara signifikan dengan risiko CVD, dengan risiko CVD terendah pada tiga hingga lima cangkir per hari, dan konsumsi kopi berat tidak dikaitkan dengan peningkatan risiko CVD.

Temuan ini menunjukkan kesimpulan bahwa asupan kopi ringan hingga sedang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi secara teratur, konsumen harian memiliki ukuran jantung yang lebih sehat dan fungsi jantung yang lebih baik.

Dr Judit Simon, dari Pusat Jantung dan Pembuluh Darah di Universitas Semmelweis di Budapest yang mempresentasikan penelitian mengenai konsumsi kopi dan menurunkan risiko serangan jantung menulis dalam sebuah laporan: Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur aman, karena asupan harian yang tinggi pun tidak terkait dengan hasil kardiovaskular yang merugikan dan semua penyebab kematian setelah tindak lanjut 10 sampai 15 tahun.

2. Jus tomat

Jus tomat kaya akan vitamin dan mineral yang membantu melawan penyakit jantung.

Minuman berwarna merah ini juga dikemas dengan vitamin C dan E, zat besi, magnesium dan potasium, yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga aliran darah dan membuang natrium ekstra.

Tomat juga tinggi likopen, antioksidan yang membantu memperkuat arteri, mengurangi kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Pakar kesehatan menyarankan bahwa jika membeli jus tomat kemasan, penting untuk mencari pilihan rendah sodium dan rendah gula.

3. Teh hijau

Teh hijau adalah favorit di kalangan elit yang sadar kesehatan terutama bagi mereka yang peduli dengan kesehatan jantung mereka.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology, sebuah jurnal European Society of Cardiology (ESC), membandingkan peminum teh biasa (tiga kali atau lebih dalam seminggu) dan peminum teh yang tidak pernah atau tidak (kurang dari tiga kali seminggu). minggu) dan selama periode tujuh tahun.

Ditemukan bahwa konsumsi teh hijau secara teratur dikaitkan dengan risiko sekitar 25 persen lebih rendah untuk insiden penyakit jantung dan stroke, penyakit jantung fatal dan stroke, dan semua penyebab kematian.

Penulis senior Dr Dongfeng Gu, Chinese Academy of Medical Sciences, mengomentari temuan tersebut dan berkata: "Efek perlindungan teh paling menonjol di antara kelompok kebiasaan minum teh yang konsisten.

Studi mekanisme menunjukkan bahwa senyawa bioaktif utama dalam teh, yaitu polifenol, tidak disimpan dalam tubuh dalam jangka panjang.

"Jadi, asupan teh yang sering dalam waktu lama mungkin diperlukan untuk efek kardioprotektif."

Artikel Asli