Fittonia Suka Matahari, Philodendron Dirawat bak Princess

jawapos | Gaya Hidup | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 19:05
Fittonia Suka Matahari, Philodendron Dirawat bak Princess

Warna daun tak hanya hijau. Beberapa jenis tanaman juga memiliki warna merah muda, dari yang pucat hingga menor. Perawatannya pun beragam. Ada yang bandel dan mudah beradaptasi, ada pula yang sangat sensitif.

DAUN -daun berwarna merah muda pucat hingga ungu terlihat di antara koleksi Gabriella Krissta Monditayana. Rata-rata, tanaman tersebut dipelihara di bawah teduhan. Terlindung, tapi tetap terkena cahaya matahari. Ica, sapaan Gabriella, menjelaskan, si cantik berdaun merah muda memang cukup sensitif terhadap cahaya matahari.

Enggak bisa disamakan dengan tanaman pucuk merah yang makin ngejreng saat dijemur. Tanaman-tanaman ini bisa gosong kalau kebanyakan sinar matahari, lanjutnya. Warna merah muda tiap jenis tanaman koleksi Ica juga beragam. Ada yang amat pucat seperti Syngonium pink perfect . Namun, ada pula yang cenderung keunguan seperti Calathea crimson pink .

Ica menjelaskan, kedua jenis tanaman memiliki warna merah muda alami. Pink-nya asli, bukan karena variegata atau mutasi gen. Jadi, umpama ada anakannya, sifatnya bakal sama, ungkap pencinta tanaman hias yang tinggal di Rungkut, Surabaya, itu. Hal tersebut berbeda dengan Philodendron pink princess koleksinya yang bercak merah mudanya merupakan bentuk variegata. Dalam satu tanaman, warna pink tampil beragam. Dari berupa bercak hingga nyaris seluruh daun.

PENCINTA TANAMAN: Gabriella Krissta Monditayana merawat beberapa tanaman koleksinya di garden, area lantai 2 rumahnyan. (PUGUH SUJATMIKO/JAWA POS)

Di antara tanaman berdaun pink koleksinya, Ica menilai, Syngonium pink perfect adalah yang paling disarankan buat pemula. Sebab, tanaman tersebut cukup bandel. Mudah beradaptasi di luar atau dalam ruangan. Yang penting, situasi sekitarnya lembap dan sirkulasi udaranya bagus, kata Ica. Dia juga menyarankan Fittonia alias nerve plant yang harganya relatif terjangkau dan menyukai sinar matahari terlindung.

Bagi yang sudah cukup mahir, Aglaonema dud anjamani bisa dikoleksi. Pemilik bisnis mama.daun itu menjelaskan, tanaman subfamili aroid tersebut sangat menyukai tempat yang terlindung sinar matahari. Jika diletakkan di rak, bisa di bagian tengah atau bawah. Aglaonema juga enggak terlalu doyan air. Penyiramannya cukup 23 hari sekali, imbuh Ica.

Selain itu, ada keladi atau Caladium. Perempuan yang juga seorang pawrent tersebut menceritakan, keladi terbilang moody. Jika terlambat menyiram atau cuaca terlalu panas, ia bisa segera layu dalam hitungan jam.

Ica beranggapan, jenis tanaman berdaun pink yang paling sulit dirawat adalah Philodendron pink princess. Seperti namanya, jenis Philodendron itu perlu mendapat perawatan bak princess. Tanaman yang dibanderol hingga belasan juta itu sangat sensitif. Ia dirawat bersama aroid variegata di lantai atas, yang memiliki greenhouse dengan lapisan paranet.

Pada akhir pekan lalu, Philodendron pink princess milik Ica dalam kondisi kurang fit. Daunnya, terutama yang pink, lagi kurang bagus karena baru diganti media tanamnya. Dari lumut, ke campuran tanah dan sekam, lanjut Ica.

Alhasil, beberapa daunnya tampak keriting walau tak layu. Namun, kondisi itu dinilainya bakal membaik ketika tanaman berhasil beradaptasi.

Menurut Ica, tanaman berdaun pink tak selalu mahal. Perawatannya pun beragam, dari yang sederhana hingga yang rumit. Tinggal menyesuaikan kemampuan plant lovers. Sebelum beli, jangan lupa pelajari dulu kebutuhan tanaman. Sehingga, saat di rumah, tanaman enggak lekas mati, paparnya.

CERMAT MERAWAT SI MERAH MUDA

BEDA JENIS, BEDA PERAWATAN: Beberapa jenis tanaman bergendre pink. Yakni Syngonium pink perfection, Aglonema dudanjamani, Fittonia, Caladium pink love, dan Calathea crimson pink. (PUGUH SUJATMIKO/JAWA POS)

YUK, HINDARI SCAM TANAMAN

DI AMERIKA SERIKAT , sempat marak penipuan tanaman berwarna merah muda pada awal tahun lalu. Saat itu, yang dibahas habis adalah Philodendron pink princess dan rivalnya, Philodendron pink congo, yang harganya jauh lebih murah. Warna pink-nya merupakan hasil rekayasa gen. Berikut tips untuk menghindari penipuan sejenis.

Cek reputasi toko. Pastikan toko memiliki deskripsi produk yang baik. Toko juga mendapatkan scoring dan ulasan baik dari pelanggannya

Cari rekomendasi toko tanaman dari sesama plant lovers

Cocokkan nama tanaman yang terpampang dengan foto, lalu bandingkan dari hasil pencarian di internet

Bandingkan harga. Bila harga yang ditawarkan berbeda jauh dari harga rata-rata pasaran, Anda patut curiga. Perhatikan pula ukuran tanaman (bonggol, jumlah daun, tunas) yang ikut menentukan harga

Jika sudah dibeli, pantau pertumbuhan daun baru. Tanaman yang mendapat treatment hormon variegata umumnya menghasilkan daun muda yang beda dari daun-daun tuanya. Selain itu, warna tanaman bakal berubah hijau setelah beberapa bulan

Artikel Asli