Enak dan Bergizi, Ini 7 Makanan yang Dapat Mengurangi Risiko Kanker Payudara

journal.sociolla.com | Gaya Hidup | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 17:41
Enak dan Bergizi, Ini 7 Makanan yang Dapat Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Ada banyak hal yang dapat memicu terjadinya kanker payudara, dan salah satu yang cukup berkontribusi adalah makanan. Oleh karenanya, sebagai wanita kita perlu lebih sadar dan memperhatikan apa yang dikonsumsi sehari-hari. Well, daripada terlalu sering mengonsumsi makanan olahan, dibakar, sering dipanaskan, maupun makanan dengan jumlah gula yang berlebih, lebih baik menggantinya dengan makanan sehat berikut ini untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Sayuran hijau

Makanan untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Kale, bayam, dan sawi adalah beberapa sayuran hijau yang memiliki sifat antikanker. Sayuran hijau sendiri mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, dengan kadar darah yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, menurut sebuah penelitian.

Untuk mendukung temuan itu, penelitian di tahun 2012 menemukan bahwa wanita dengan tingkat karotenoid yang lebih tinggi memiliki risiko kanker payudara yang menurun secara signifikan, dibandingkan wanita dengan tingkat karotenoid yang lebih rendah. Bahkan, asupan folat yang tinggi, vitamin B yang terkonsentrasi dalam sayuran berdaun hijau, dapat melindungi wanita dari kanker payudara, lho!

Sayuran cruciferous

Makanan untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Jenis sayuran yang termasuk ke dalam keluarga brassicaceae ini juga dapat menurunkan risiko kanker payudara. Ada pun sejumlah sayuran yang masuk dalam kategori ini, seperti kembang kol, kubis, dan brokoli. Sayuran cruciferous mengandung senyawa glukosinolat, yang mana ketika diproses oleh tubuh dapat berubah menjadi molekul yang disebut isothiocyanates. Molekul ini memiliki potensi antikanker yang signifikan.

--------------------------------------- SPLIT PAGE ---------------------------------------

Buah citrus

Makanan untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Buah citrus yang terdiri dari lemon, jeruk, jeruk nipis, dan aneka jeruk lainnya pada dasarnya merupakan sumber antioksidan, vitamin, dan nutrisi yang sangat baik. Ini juga dipenuhi dengan senyawa yang dapat melindungi dari kanker payudara, termasuk folat, vitamin C, dan karotenoid seperti beta cryptoxanthin dan beta karoten, ditambah antioksidan flavonoid seperti quercetin, hesperetin, dan naringenin.

Berbagai nutrisi ini tak hanya memberikan efek antioksidan, tetapi juga antikanker, dan anti-inflamasi. Faktanya, penelitian mengaitkan buah jeruk dengan penurunan risiko berbagai kanker, termasuk kanker payudara. Tinjauan dari 6 penelitian di lebih dari 8.000 orang ini menyebutkan bahwa asupan jeruk yang tinggi berpengaruh terhadap pengurangan 10% risiko kanker payudara.

Buah berry

Makanan untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Mengonsumsi buah berry secara teratur juga diklaim dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu, termasuk kanker payudara. Pasalnya, antioksidan buah beri, termasuk flavonoid dan anthocyanin, telah terbukti melindungi dari kerusakan sel, serta perkembangan dan penyebaran sel kanker. Anggapan ini juga dibuktikan melalui penelitian pada 75.929 wanita yang mengaitkan asupan buah blueberry dengan risiko kanker payudara reseptor estrogen negatif (ER) yang lebih rendah.

Persik, apel, dan pir

Makanan untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Selain terasa nikmat, buah-buahan seperti persik, apel, dan pir telah terbukti melindungi dari kanker payudara. Dalam sebuah penelitian pada 75.929 wanita, mereka yang mengonsumsi setidaknya 2 porsi buah persik per minggu memiliki risiko 41% lebih rendah terkena kanker payudara ER.

Penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa antioksidan polifenol dari buah persik mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran garis sel kanker payudara. Sementara pada kasus apel dan pir, terbukti pada penelitian yang menghubungkan antara asupan apel dan pir dengan risiko kanker payudara yang lebih rendah.

--------------------------------------- SPLIT PAGE ---------------------------------------

Makanan fermentasi

Makanan untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, dan miso dikenal mengandung bakteri baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Tak hanya itu, kandungan probiotik dan nutrisi lain pada makanan fermentasi juga dinilai dapat melindungi dari kanker berbahaya ini. Bahkan, sebuah tinjauan dari 27 penelitian mengaitkan produk susu fermentasi, seperti yogurt dan kefir, dengan penurunan risiko kanker payudara pada populasi Barat dan Asia.

Ikan berlemak

Makanan untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Ikan berlemak, yang terdiri dari salmon, sarden, dan makarel, dikenal karena manfaat kesehatannya yang baik. Berbagai kandungan seperti lemak omega-3, selenium, dan antioksidan seperti canthaxanthin pun dapat menawarkan efek perlindungan kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan ikan berlemak secara khusus dapat mengurangi risiko kanker payudara. Kondisi ini juga dapat terjadi dengan menyeimbangkan rasio omega-3 hingga omega-6 alias makan lebih banyak ikan berlemak dan lebih sedikit minyak maupun makanan olahan.

Artikel Asli