Masyarakat Pulau Terluar di Banten Divaksinasi Covid-19

Gaya Hidup | bantennews.co.id | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 11:07
Masyarakat Pulau Terluar di Banten Divaksinasi Covid-19

KAB. SERANG Percepatan vaksinasi Covid-19 terus digencarkan jajaran TNI-Polri. Kali ini vaksinasi digelar Akabri Angkatan 1999, dikenal dengan Base 99 bersama Polda Banten menggelar serbuan vaksinasi yang dilengkapi dengan pembagian bantuan sosial berupa sembako kepada masyarakat Pulau Sangiang, tepatnya di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang.

Jarak tempuh 8 mil dari Pelabuhan Paku Kecamatan Anyer ditempuh dengan menggunakan kapal Ditpolairud Polda Banten Tipe C2 No. Lambung 2014.

Pelaksanaan vaksinasi dan penyerahan sembako ini merupakan implementasi dari perintah Kapolri dan Panglima TNI yang memotivasi tiap angkatan di Akabri menggelar vaksinasi dan bantuan sosial ke masyarakat terdampak Covid-19, kata Ketua Panitia Kombes Pol Calvijn Simanjuntak melalui keterangannya, Minggu (10/10/2021).

Vaksinasi Covid-19 itu digelar di Balai Desa Cikoneng Pulau Sangiang, Kecamatan Anyer oleh tim vaksinator dari Polda Banten. Kegiatan vaksinasi itu mendapat sambutan postif masyarakat lokal yang memang belum pernah divaksinasi.

Sesuai dengan instruksi Kapolda Banten Irjen Pol. Rudy Heriyanto untuk akselerasi vaksinasi di daerah yang akan laksanakan Pilkades, vaksinasi yang dilakukan dalam tema Base 99 Peduli ini juga difokuskan untuk memberikan kekebalan komunal bahkan 100% di Pulau Sangiang.

Kami optimis masyarakat di Pulau Sangiang akan mendukung vaksinasi 100% populasi sehingga kekebalan komunalnya pun menjadi sempurna, kata Kombes Pol Calvijn Simanjuntak.

Perlu treatment dan komunikasi intens untuk meyakinkan masyarakat Pulau Sangiang agar mau divaksin, dan hari ini kita bersyukur melihat antusiasme masyarakat setempat menyukseskan program vaksinasi ini, kata AKBP Shinto Silitonga, Kabid Humas Polda Banten.

Pulau Sangiang menjadi salah satu lokasi wisata andalan di Kabupaten Serang yang sebelumnya intens dikunjungi, namun terdampak signifikan akibat pandemik Covid-19.

Kita optimis bahwa vaksinasi yang dilakukan di Pulau Sangiang ini akan memotivasi pelaku usaha wisata untuk bangkit kembali dan wisatawan akan kembali intens berkunjung ke Pulau Sangiang untuk menikmati keindahan alam baharinya dengan sehat dan disiplin protokol kesehatan, ujar Shinto Silitonga.

Sampai dengan siang hari, vaksinasi yang dilaksanakan Polda Banten bersama Akabri 1999 telah menyentuh 56 warga, 46 berhasil divaksin namun 10 diantaranya masih belum memenuhi syarat kesehatan saat screening untuk divaksin. Selain itu, Polda Banten bersama Akabri 1999 juga telah menyalurkan 105 paket sembako kepada masyarakat sekitar.

Target kami tercapai dengan vaksinasi 46 orang, 10 diantaranya tertunda karena faktor kesehatan, dan sembako yang telah disiapkan pun telah disalurkan kepada 105 warga, ucap Shinto Silitonga.

Terakhir Shinto Silitonga mengajak masyarakat untuk dan selalu mentaati protokol kesehatan dan biasakan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak sehingga dapat menekan dan mengendalikan penyebaran Covid-19.

Bapak Ibu, meski sudah divaksin, agar tetap mentaati protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, ajak Shinto Silitonga.

(Red)

Artikel Asli