Hari Kesehatan Mental Sedunia, Kenali 8 Gejala Depresi Cegah Bunuh Diri

okezone | Gaya Hidup | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 11:00
Hari Kesehatan Mental Sedunia, Kenali 8 Gejala Depresi Cegah Bunuh Diri

SETIAP 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia. Diperingati untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental yang sering terabaikan.

Salah satu kesehatan mental yang kini banyak dialami selama pandemi adalah depresi. Depresi berat atau berlarut-larut dapat membuat orang terpikir untuk bunuh diri. Karenanya, penting mengenali gejala depresi untuk mencegah bunuh diri terjadi.

Seperti dilansir Times of India, berikut ulasan mengenai gejala depresi yang harus diketahui semua orang, minggu (10/10/2021).

1. Kesedihan yang terus-menerus

Depresi

Seseorang yang menderita depresi mungkin sering merasa sedih atau menangis. Seringkali mereka merasakan semacam kehampaan. Mengalami perasaan atau suasana hati yang tertekan seperti itu selama lebih dari dua minggu berturut-turut bisa menjadi tanda depresi.

2. Kehilangan minat

Dalam istilah medis, kondisi kehilangan minat terhadap apa pun disebut juga dengan anhedonia. Dalam fase ini, biasanya orang menarik diri dari aktivitas yang pernah mereka suka seperti olahraga atau pergi keluar bersama teman.

3. Kelelahan dan tidur berlebihan

Kelelahan

Orang yang mengalami gejala depresi umumnya merasa sangat lelah dan malas, sehingga mereka banyak tidur. Dalam beberapa kasus, depresi dapat menyebabkan insomnia dan kegelisahan di malam hari.

4. Perubahan nafsu makan

Ini juga merupakan tanda depresi. Ada seseorang yang justru makan lebih banyak atau mungkin tidak merasa lapar sama sekali. Mereka melakukan itu bukan dengan sengaja, tetapi hanya merasa tidak mau makan atau merasa sangat lapar.

Artikel Asli