Selain Anjing, 5 Hewan Peliharaan Ini Juga Setia Pada Manusia

journal.sociolla.com | Gaya Hidup | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 08:00
Selain Anjing, 5 Hewan Peliharaan Ini Juga Setia Pada Manusia

Saat merasa bosan atau kesepian, mengadopsi hewan peliharaan biasanya akan membantu pilihan untuk membuat suasana lebih menyenangkan. Bahkan, beberapa hewan dinilai lebih setia daripada manusia, salah satunya anjing. Anjing dikenal mampu membentuk ikatan dengan manusia dan menjadi hewan peliharaan yang setia. Tak heran, banyak orang yang menganggapnya sebagai sahabat manusia. Namun bukan hanya anjing saja, sederet hewan peliharaan berikut ini juga memiliki sifat setia pada manusia. Penasaran?

Kucing

Hewan Peliharaan Setia Pada Manusia

Kucing termasuk salah satu hewan peliharaan yang setia kepada manusia, namun tidak sesetia anjing. Dengan sifatnya yang terkesan mandiri dan antisosial, kucing sebenarnya sangat dekat dengan manusia, lho, terutama jika sudah bersama sedari kecil. Ya, kucing yang sudah hidup dan beraktivitas sejak lama di sekitar manusia, akan menciptakan ikatan yang erat. Selain itu, kucing terkadang dapat membantu dalam menyingkirkan tikus dan binatang lainnya.

Kelinci

Hewan Peliharaan Setia Pada Manusia

Hewan setia berikutnya adalah kelinci. Mereka sering menjadi favorit anak-anak karena memiliki bulu indah dan menggemaskan. Kelinci cukup mudah beradaptasi dengan gaya hidup manusia. Mereka cenderung diam dan minim suara sehingga tidak akan mengganggu.

Dibandingkan hewan lainnya, kelinci penuh kasih sayang, dan sangat interaktif. Tanpa interaksi manusia, mereka bisa bosan, bahkan sampai menjadi kesepian dan depresi. Jadi, jika memilih kelinci sebagai hewan peliharaan, pastikan luangkan waktu untuk memperhatikannya, ya!

Kambing

Hewan Peliharaan Setia Pada Manusia

Kambing mungkin tidak terlihat seperti hewan yang suka diurus, terlebih jika dianggap setia. Mereka juga jarang dipilih sebagai hewan peliharaan, tetapi rupanya kambing sama pintar dan setianya seperti anjing. Selain itu, kambing juga mampu membangun hubungan emosional dengan manusia.

Menurut studi tahun 2016, kambing menatap tajam pada pemiliknya dengan cara yang sama seperti anjing saat meminta sesuatu. Hal ini menunjukkan adanya komunikasi kompleks antara manusia dan hewan yang didomestikasi, terutama untuk pertanian.

--------------------------------------- SPLIT PAGE ---------------------------------------

Kuda

Hewan Peliharaan Setia Pada Manusia

Walau sulit untuk menganggapnya sebagai hewan peliharaan, namun kuda adalah salah satu hewan paling setia jika diperlakukan dengan benar. Kuda juga dikenal memiliki ingatan yang hebat, dan ketika berteman dengan seekor kuda, mereka akan mengingatmu untuk jangka panjang.

Kuda tidak hanya mengingat teman-teman manusia setelah periode perpisahan, tetapi juga mampu mengingat kompleks, seperti strategi pemecahan masalah selama sepuluh tahun atau lebih.

Burung beo

Burung beo juga merupakan salah satu hewan yang paling setia kepada manusia. Makhluk yang sangat ramah ini terkenal sangat pintar karena dapat berbicara serta mengulangi kata-kata yang diucapkan. Keberadaannya juga membuatnya mengenali keluarga di rumah, karena burung beo akan menunjukkan tanda-tanda kasih sayang dengan menyapa ketika ada seseorang yang pulang.

Menariknya lagi, burung beo juga hidup lebih lama daripada burung lain sehingga kamu dapat menghabiskan waktu lebih lama dengan peliharaan satu ini.

Artikel Asli