Sering Merasa Sakit Pinggang? Jangan Disepelekan! Bisa Pertanda 5 Penyakit Ini

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 15:45
Sering Merasa Sakit Pinggang? Jangan Disepelekan! Bisa Pertanda 5 Penyakit Ini

Sakit pinggang merupakan salah satu penyakit umum yang sering dirasakan oleh masyarakat. Terlebih seperti di masa pandemi sekarang ini yang menyebabkan masyarakat lebih banyak duduk di depan komputer.

Dimana terlalu lama duduk juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sakit pinggang.

Sakit pinggang tentunya sangat mengganggu dan bisa menghambat aktivitas. Meski terlihat sepele, sejatinya kita tak bisa mengesampingkan perawatan dari sakit pinggang.

Sakit pinggang yang berlanjut dan terasa seperti ditusuk-tusuk bahkan sampai menjalar pada bagian tubuh lain tentunya harus segera diwaspadai.

Bisa jadi, sakit pinggang tersebut merupakan salah satu gejala dari penyakit tertentu. Seperti dilansir dari berbagai sumber (6/10/2021), berikut diantaranya.

1. Saraf Kejepit

Sakit pinggang yang berlebih dibagian belakang lebih dari 72 jam perlu diwaspadai karena bisa pertanda dari saraf kejepit. Sebab saraf pada bagian belakang lebih rentan mengalami cedera.

2. Skoliosis

Struktur tulang yang bermasalah seperti skoliosis dapat menyebabkan sakit pinggang yang tak tertahankan. Selain menimbulkan rasa sakit, skoliosis juga bisa membuat penderitanya kesulitan bergerak karena tubuh yang menjadi kaku.

3. Penyempitan Tulang Belakang

Tekanan pada sumsum tulang belakang yang membuat tulang menyempit pada saraf disekitarnya bisa menjadi faktor pinggang terasa sakit. Tak cuma itu, tulang belakang yang menyempit pun bisa menimbulkan mati rasa dan kram.

4. Otot Tegang

Melakukan aktivitas fisik yang melibatkan pinggang bisa menimbulkan rasa sakit berlebih lantaran adanya tarikan hebat yang menyebabkan otot tegang atau bahkan robek.

5. Masalah Ginjal

Selain bersinggungan dengan tulang atau saraf, sakit pinggang berlebih bisa merujuk pada gangguan ginjal seperti batu ginjal dan infeksi ginjal. Selain sakit pinggang, gangguan ginjal bisa disertai dengan nyeri di bagian bawah tulang rusuk dan panggul.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli